Pendaftaran Kader PDI Perjuangan

Panen Perdana M70D di Desa Kelating, Pertanian Diharap Jadi Skala Prioritas

  • 20 September 2021
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 862 Pengunjung

Sektor Pertanian di Tabanan diharapkan menjadi skala prioritas. Hal tersebut terungkap saat digelar panen perdana M70D di Subak Timan Agung Banjar Sangging, Desa Kelating, Kecamatan Kerambitan Tabanan, Minggu (19/9/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri Wabup Tabanan I Made Edi Wirawan. Turut hadir Kadis Pertanian, anggota DPRD Kabupaten Tabanan, Camat Kerambitan, Ketua HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia) dan Perbekel Desa Kelating serta OPD terkait.

Dikategorikan sebagai varietas bibit padi yang baik, M70D membutuhkan waktu kurang lebih 70-80 hari sejak proses pembajakan sawah, penanaman sampai panen. Sementara di Subak Timan Agung, dari total 210 hektar ladang, sebanyak 10 hektarnya sudah ditanami percobaan bibit padi M70D. Setiap satu hektarnya mampu menghasilkan sebanyak 7,8 ton padi.

Dalam sambutannya, Wabup Edi menyampaikan apresiasinya terhadap seluruh petani dan jajaran pemerintahan di Desa Kelating, atas upaya dan kerja kerasnya sehingga tercapai panen padi perdana M70D yang tergolong sukses.

Menurutnya, jika disesuaikan dengan BEP (Break Even Point) per satu hektar sewajarnya menghasilkan 6 ton padi, namun dengan bibit M70D bisa melampaui hingga 7 lebih

“Memang ada kendala yang sering kita hadapi, biasanya kelemahan petani dari proses pemilihan bibit yang sudah salah, makanya hasilnya terus menurun. Oleh sebab itu, penyuluh harus terus ke lapangan untuk mengawal para petani, mendamping sejak proses pembajakan sawah, pemilihan bibit, perawatan tanaman, sehingga apa yang menjadi harapan Pemerintah Tabanan bisa selaras dan berhasil,” sebutnya.

Ia berharap pertanian bisa menjadi skala prioritas, utamanya di masa landemi yang masih berlangsung.

Ia menerangkan akan bertemu dengan penyuluh dimasing-masing kecamatan setiap bulannya untuk memantau perkembangan pertanian di Tabanan. Sehingga pemerintah dan masyarakat bersama-sama bisa membuktikan dan mewujudkan Tabanan sebagai lumbung pangannya Bali.

“Petani adalah hal yang dilakoni oleh orang-orang dengan jiwa yang kaya,” sebutnya.

Ia menyebutkan, keberhasilan panen ini diharapkan mampu menjadi motivasi dan contoh bagi para petani di wilayah Kabupaten Tabanan yang lain, untuk bersemangat meningkatkan potensi dan produksi pangan dalam mewujudkan Visi Tabanan.

Yakni Nangun Sat Kerthi Loka Bali Melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana Menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul, Madani (AUM) di bidang pertanian.


  • 20 September 2021
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 862 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya