Pendaftaran Kader PDI Perjuangan

Bupati Suwirta Semangati Petani Rumput Laut Ditengah Situasi Covid-19

  • 22 September 2021
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 621 Pengunjung

Selain untuk mengembangkan jenis tanaman lain, perhatian Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta juga sangat serius untuk terus membangkitkan perkembangan rumput laut di Nusa Lembongan.

Hal ini terlihat ketika Bupati didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Klungkung, Dewa Ketut Sueata Negara meninjau tempat petani rumput laut di Pesisir Pantai Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Senin (20/9/2021).

Saat di lokasi, Bupati Suwirta terus memberikan semangat kepada para petani rumput laut agar terus membangkitkan dan tentunya mengembangkan budidaya rumput laut ini.

Mata pencarian masyarakat di Nusa Penida dari dulu memang sangat dikenal mencari rumput laut, meskipun situasi masih di tengah Covid-19, budidaya rumput laut harus tetap dikembangkan jangan sampai punah.

“Mari bersama-sama jaga semangat dan ingat selalu bersyukur, kelestarian rumput laut disini harus dijaga dan terus dikembangkan,” harap Bupati Suwirta.

Salah seorang petani Rumput bernama I Nyoman Muliastika asal Nusa Lembongan mengatakan bahwa perkembangan rumput laut untuk di tempat ini sekarang hasilnya tidak begitu bagus, ini disebabkan karena ada banyak lumut yang menyerang rumput lautnya.

Untuk proses panen saat ini membutuhkan waktu selama 25-30 hari. Sedangkan untuk penjualannya seharga 16 ribu.

“Hasil perkembangan panennya sekarang tidak begitu maksimal dulu sebelum Covid-19 kita panen setiap 30 hari sudah besar rumput lautnya, tetapi sekarang masih kecil. Sedangkan untuk penjualannya sekarang mengalami peningkatan, dulu sebelum Covid-19 seharga 14 ribu sekarang 16 ribu,” ujarnya.


  • 22 September 2021
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 621 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya