Pendaftaran Kader PDI Perjuangan

Menteri PPPA Berharap Ada Penyederhanaan Persyaratan bagi Perempuan Pelaku Usaha

  • 23 Oktober 2021
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 619 Pengunjung

Jakarta – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga, mengapresiasi program bantuan permodalan usaha dan akses layanan modal keuangan bagi perempuan pelaku usaha, mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Provinsi Sulawesi Utara berupa Tabungan dan Kredit Bohusami Perempuan Hebat.

"Apresiasi saya sampaikan kepada ide luar biasa Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sulawesi Utara (Sulut) yang bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sulawesi Utara dan Bank SulutGo yang akan memberikan bantuan modal usaha bagi UMKM perempuan sebesar Rp10 Juta tanpa agunan. Semoga program ini dapat dilaksanakan secara tepat dan terarah sehingga pemanfaatannnya dapat dirasakan secara maksimal," ujar Menteri PPPA dalam keterangan tertulis, Kamis (21/10/2021).

Menteri PPPA menjelaskan, terdapat korelasi positif antara perempuan yang berdaya secara ekonomi dengan perlindungan perempuan dan anak. Melalui pemberdayaan perempuan di bidang ekonomi bisa menjadi pintu untuk menyelesaikan masalah pengasuhan, kekerasan, pekerja anak, dan juga perkawinan anak dan tentunya mendukung lima arahan Presiden kepada kementerian pemberdayaan Perempuan dan perlindungan Anak (Kemen PPPA).

"Layanan keuangan yang inklusif bagi perempuan ini masih merupakan tantangan, maka pesan saya kepada Bank SulutGo, persyaratan administrasi dari bantuan modal usaha ini harus bisa dibuat sesederhana dan semudah mungkin. Apalagi banyak perempuan memiliki peran pengasuhan yang seringkali tidak memiliki waktu luang lebih untuk datang dalam waktu yang lama atau berulangkali dalam mengajukan persyaratan kredit tersebut, maka pendampingan modal ini dapat dibuat sesederhana dan semudah mungkin," kata Menteri PPPA.

Sementara itu, Kepala Dinas PPPA Provinsi Sulawesi Utara Kartika Devi Tanos menjelaskan, mekanisme kegiatan dimulai dengan pelatihan dan peningkatan keahlian bersertifikat oleh Disnakertrans, kemudian Dinas PPPA Sulut memberikan bantuan dan peralatan spesifik sesuai dengan pelatihan yang sudah diikuti dan Bank SulutGo memberikan fasilitas bantuan kredit.

"Ini merupakan dukungan bagi pemberdayaan ekonomi bagi perempuan di Sulut, dan kami memilih sasaran khusus bagi perempuan yang menjadi kepala keluarga," imbuhnya.

 

Artikel ini sudah tayang di infopublik.id dengan judul: “Menteri PPPA Berharap Ada Penyederhanaan Persyaratan bagi Perempuan Pelaku Usaha”. Link Berita: https://infopublik.id/kategori/nasional-sosial-budaya/574560/menteri-pppa-berharap-ada-penyederhanaan-persyaratan-bagi-perempuan-pelaku-usaha

 


  • 23 Oktober 2021
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 619 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya