Pendaftaran Kader PDI Perjuangan

Jelang Rakernas KAI, Gubernur Bali Sambut Kehadiran Ratusan Advokat di Acara Gala Dinner

  • 05 Juni 2022
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 577 Pengunjung

Denpasar - Gubernur Bali, I Wayan Koster, mengundang makan malam (Gala Dinner) ratusan advokat Kongres Advokat Indonesia (KAI) yang hadir dari seluruh Indonesia di kediaman dinas gubernur.

Para advokat KAI akan menyelengarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) selama 2 hari di hotel The Stone, kawasan Kuta, Bali, pada Senin 29 Mei dan 30 Mei 2022.

Rombongan yang memenuhi undangan Gubernur Bali dipimpin langsung oleh Presiden KAI Tjoetjoe Sandjaja Hernanto.

Serta didampingi oleh para VP yaitu Adv Heru S Noto Negoro, TM Luthfi Yazid, Umar Husin, Diyah Sasanti, Pheo M Hutabarat, Henry Indraguna, Aldwin Rahadian, dan Ketua DPD KAI Bali Adv. Anak Agung Kompiang Gede.

Dalam sambutan pidatonya, Gubernur Bali I Wayan Koster menjamin Bali sudah aman. "Keberhasilan menangani Covid-19 sudah 97 persen, dan hanya 16 orang di RS yang terpapar Covid-19. Kedua, sekarang sudah lebih dari 60 negara yang mengeluarkan visa untuk kunjungan ke Bali. Wisatawan sudah mencapai 4 ribu perhari dengan puluhan penerbangan dalam sehari, belum lagi yang lewat darat dan laut," kata dia, dalam keterangannya, pada Minggu (28/5/2022) malam.

Lanjut I Wayan Koster, Bali sekarang sudah pulih dan sudah macet. Hotel tingkat huniannya sudah meningkat. “Di Bali ini sudah aman, nyaman dan kondusif untuk semua orang yang akan masuk ke Bali, baik untuk wisatawan domestik maupun mancanegara,” terang Gubernur Koster

Gubernur juga meminta kepada Penerintah Pusat untuk menyatakan Bali sebagai endemi, bukan Pandemi namun belum sepenuhnya dikabulkan.

"Persiapan Presidentcy G20 sedang dipersiapkan infrastrukturnya untuk mendukung kelancaran pelaksanaannya. Presidency G 20 akan penting untuk memulihkan ekonomi Bali," ujar I Wayan Koster.

Kehadiran Advokat KAI adalah penting, langka dan sebuah kehormatan bagi Gubernur Bali. Sebab itu Gubernur Bali sangat senang menyambut dan menjamu para advokat KAI.

Gubernur juga berpendapat bahwa Jabatan hanya amanah dan sebentar. Sambil memperkenalkan gagasan Bali Era Baru melalui video yang ditayangkan.

"Saya sangat optimis Bali akan bangkit, sambil berpesan mengingatkan bahwa jabatan adalah sementara dan kita pada akhirnya akan mati, sebab itu dalam bekerja mesti bekerja secara tulus, mulus dan lurus," tutup I Wayan Koster.

Saat memberikan sambutan Presiden KAI menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Gubernur Bali, dan berharap agar Gubernur Bali lancar dalam melaksanakan tugas negara dan tetap menjadikan Bali sebagai tempat destinasi yang aman bagi siapapun.

Presiden KAI juga berpesan agar advokat KAI ikut mengamankan agenda pembangunan Bali Era Baru. Para peserta Rakernas KAI hadir ke Bali dengan bermacam moda transportasi: darat, laut dan udara. Mereka semua datang dengan semangat dan optimisme untuk mensukseskan acara Rakernas KAI 2022 sekaligus Ultah KAI ke-14.

Sebelum acara Rakernas di Bali dilaksanakan, mereka melaksanakan terlebih dahulu pra-rakernas untuk mencapai kesamaan persepsi serta kesepakatan-kesepakatan dalam acara Rakernas.

Rangkaian acara rakernas diantaranya adalah penandatanganan MOU dengan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Hukumonline dll.

Selanjutnya diselenggarakan juga diskusi panel mengenai “Kewenangan Advokat dalam Sistem Peradilan” dengan perbadingan kewenangan advokat di Australia dengan nara sumber Prof. Denny Indrayana, Vice President KAI yang juga terdaftar sebagai advokat di Australia.

Topik selanjutnya yakni perbandingan advokat  di Jepang dengan narasumber Dr. TM. Luthfi Yazid, SH, LL.M Vice President KAI yang sempat menjadi peneliti dan pengajar di University Gakushuin di Tokyo Jepang. Dan satu narasumber lagi Erasmus AT Napitupulu, Direktur Eksekutif Institute for Criminal Justice Reform dengan moderator Vice President KAI Dr. Heru S. Notonegoro.

Agenda Rakernas lainnya diantaranya adalah, setelah pengesahan kuorum Rakernas, pengesahan jadwal dan tata tertib, adalah penyampaian laporan kerja dan rencana kerja DPP KAI menuju Kongres KAI mendatang.

Meskipun di Bali sering diadakan Kongres, Munas, ataupun Rakernas, kata Gubernur, namun undangan Gala Dinner oleh Gubernur Bali ini dengan jumlah yang hadir mencapai ratusan orang adalah sejarah yang pertama kali.

“Semoga dengan kehadiran para advokat KAI dari seluruh penjuru Indonesia memberikan setidaknya tiga pesan,” ungkap Gubernur yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Bali itu.

Rakernas KAI dihadiri oleh para pimpinan DPP KAI, DPD maupun DPC KAI dari seluruh tanah air.

Dalam kesempatan Gala Dinner tersebut, Gubernur Koster berharap agar pelaksanaan rakernas KAI berjalan lancar dan sukses.

Sebelum para peserta berpamitan dan bersalam-salaman untuk kembali ke hotel masing-masing, diadakan pengambilan gambar/foto bersama Gubernur untuk diabadikan.

 

 

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Jelang Rakernas KAI, Gubernur Bali Sambut Kehadiran Ratusan Advokat di Acara Gala Dinner, https://www.tribunnews.com/nasional/2022/05/30/jelang-rakernas-kai-gubernur-bali-sambut-kehadiran-ratusan-advokat-di-acara-gala-dinner?page=all.


  • 05 Juni 2022
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 577 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya