Pendaftaran Kader PDI Perjuangan

Jaya Negara Resmikan Kanal IPA Berkapasitas 600 Liter Per-Detik

  • 16 Juni 2022
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 232 Pengunjung

Denpasar - Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara, secara simbolis meresmikan Kanal Instalasi Pengolahan Air (IPA) Belusung, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Swakadarma berkapasitas 600 liter per detik di Kecamatan Denpasar Utara, Bali, Selasa (14/6/2022).

Peresmian tersebut ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Walikota Jaya Negara, didampingi Wakil Walikota, I Kadek Agus Arya Wibawa Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana, Kepala Kejaksaan Negeri Denpasar Yuliana Sagal dan Direktur PDAM Tirta Swakadarma Ida Bagus Gede Arsana.

Walikota Jaya Negara dalam sambutannya menyampaikan, sangat mengapresiasi atas terbangunnya Kanal IPA Belusung, yang dengan harapan dapat menambah jangkauan layanan air bersih untuk masyarakat dengan mutu berkualitas.

“Kami mengucapkan terimakasih, atas terbangunnya Kanal IPA Belusung. Semoga ini dapat memberikan pemenuhan layanan dasar air bersih bagi masyarakat Kota Denpasar,” katanya.

Selain itu upaya yang di lakukan pemerintah Kota Denpasar demi memenuhi kebutuhan dasar masyarakat khususnya terhadap air bersih akan terus berlanjut. Bahkan layanan air bersih merupakan urusan wajib dan masalah itu tidak bisa ditawar.

“Setelah beroperasinya IPA Belusung, segala pemenuhan instalasi air dapat melayani kebutuhan air bersih di masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu, Dirut PDAM Tirta Swakadarma, Bagus Arsana mengatakan, ide gagasan dibangunnya Kanal Belusung, dalam upaya mencegah musim banjir. Karena setiap musim banjir, sifatnya yang membawa lumpur mengakibatkan air bersih stop produksi. Sebab itu dengan terbangunnya Kanal diharapkan dapat mengatasi permasalahan tersebut.

“Fungsi Kanal ini, untuk menyaring lumpur banjir yang masuk, agar larut ke bak samping pembuangan. Sedangkan airnya akan mengalir kepenampungan produksi,” ungkapnya.

Demikian pula untuk debit air ucap Bagus Arsana, dipastikan akan mengalir deras dan kontinyu bertambah. Sehingga masalah banjir lumpur teratasi dengan tidak stop produksi. Yang pastinya untuk meningkatkan pelayanan kontinuitas ke pelanggan.

 “Yang jelas kami membangun Kanal ini untuk mengatasi air baku. Dampak positifnya air yang membawa lumpur akan bisa teratasi,” ujarnya.

Ditambahkan, saat ini PDAM Tirta Swakadarma telah memfungsikan enam reservoir pompa untuk memasok kebutuhan air baku yang akan diolah menjadi air bersih dan didistribusikan kepada 89 ribu pelanggan.

“Kita ada 89 ribu pelanggan dengan 6 reservoir yang beroperasi. Dan Denpasar sebenarnya perlu minimal 10 atau maksimal 15 reservoir,” tutupnya. SN.


  • 16 Juni 2022
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 232 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya