Pendaftaran Kader PDI Perjuangan

Refleksi Bulan Bung Karno, PDI Perjuangan Bali Gelar Festival Kuliner Nusantara

  • 26 Juni 2022
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 413 Pengunjung

Gianyar – DPD PDI Perjuangan Bali menggelar Festival Bakar Ikan Nusantara dan Sajian Kuliner Nusantara ‘Mustika Rasa’ dalam rangkaian Bulan Bung Karno (BBK) 2022 di Pade Wareg Eco Park, Kecamatan Tampaksiring, Gianyar, Sabtu (25/6/2022).

Hadir dalam acara tersebut Anggota Komisi VIII DPR RI, I GN Kesuma Kelakan atau yang akrab disapa Alit Kelakan, jajaran pengurus DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali, Ketua DPRD Kabupaten Gianyar, I Wayan Tagel Winarta serta pengurus dan kader DPC PDI Perjuangan Gianyar.

Selain itu, kegiatan ini juga dimeriahkan oleh aksi masak-memasak yang dilakukan oleh Ibu-ibu PKK dari berbagai desa di wilayah Kecamatan Tampaksiring dan Siswa/Siswi SMA dan SMK di wilayah Tampaksiring.

Tidak hanya di Bali, kegiatan ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Di tingkatan pimpinan pusat, kegiatan dibuka secara langsung oleh Ketua Harian DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani dan dihadiri secara langsung oleh Ibu Ketua Umum, Megawati Soekarnoputri. Acara pembukaan tersebut juga terhubung secara langsung dengan panitia dari DPD PDI Perjuangan Bali melalui siaran streaming.

Dalam sambutannya, Ketua Harian, Puan Maharani menjelaskan, bahwa acara ini dibuat sekaligus untuk menegaskan pentingnya menjalankan ketahanan pangan untuk mengantisipasi dampak global termasuk perang Rusia-Ukraina.

“Saya tanya kenapa bikin acara resep Mustika Rasa dan bakar ikan bersama? Karena apa? Sekarang itu ketahanan pangan, kedaulatan pangan, penting sekali, apalagi di saat perang Rusia dan Ukraina ini,” ungkap Puan.

Ditemui disela-sela kegiatan, Alit Kelakan yang juga merupakan Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPD PDI Perjuangan Bali, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan refleksi dari ajaran Bung Karno yaitu Berkepribadian dalam Kebudayaan.

“Jadi kegiatan Festival Kuliner Nusantara ini kan merupakan Bung Karno pengejawantahan ajaran Bung Karno dalam Tri Saktinya yaitu Berdikari dalam Kebudayaan. Jadi kuliner itu kan merupakan bagian dari kebudayaan nasional. Bung Karno itu sejak dulu sudah melihat kejayaan kuliner Nusantara sehingga beliau menginisiasi pengumpulan berbagai resep kuliner dari berbagai daerah dan dijadikan dalam satu buku Mustika Rasa,” terang Alit Kelakan.

Alit Kelakan bersama jajaran pengurus DPD Bali dan didampingi Ketua DPRD Gianyar, I Wayan Tagel Winarta meninjau langsung aksi masak memasak yang dilakukan oleh Ibu-ibu PKK. Alit Kelakan juga terlihat mencoba berbagai olahan masakan yang dibuat oleh Ibu-ibu PKK sembari berdialog tentang masakan yang dibuat.

Suasana Festival Bakar Ikan Nusantara dan Sajian Kuliner Nusantara ‘Mustika Rasa’ tersebut terlihat begitu cair dan penuh keakraban, seakan – akan tidak ada sekat antara para kader dengan Ibu-ibu PKK maupun siswa siswi SMA/SMK yang mengikuti kegiatan.   

Alit Kelakan juga terlihat sesekali berkelakar dihadapan para Ibu-ibu PKK yang mengundang gelak tawa para peserta yang hadir pada kegiatan tersebut.

 

 

 

 

 


  • 26 Juni 2022
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 413 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya