Pendaftaran Kader PDI Perjuangan

Kuatkan Koperasi, ARW Fasilitasi Semnas Sosialisasi LPS di Denpasar

  • 02 Juli 2022
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 450 Pengunjung

Denpasar – Memperingati Hari Koperasi ke 75  Komisi XI DPR RI bekerjasama dengan Dekopinda Kota Denpasar dan LPS menggelar Seminar Nasional Sosialisasi Lembaga Penjaminan Simpanan ‘Amankah Menabung di Bank’ di Gedung Wanita Santhi  Graha Denpasar, Minggu (26/6/2022).

Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Dapil Bali, I Gusti Agung rai Wirajaya hadir secara langsung untuk member semangat kepada 200 Koperasi se-Kota Denpasar yang mengikuti sosialisasi.

Selain itu dalam acara ini turut hadir Sekda Kota Denpasar, I.B Alit Wiradana, Kadis Koperasi dan UMKM Kota Denpasar I Dewa Made Agung dan  Ketua Komisi II DPRD Kota Denpasar, Wayan Suadi Putra.

Kadis Koperasi dan UMKM Kota Denpasar I Dewa Made Agung mengatakan, dengan seminar ini, Pemerintah Kota Denpasar berharap kedepan Lembaga Penjamin Simpanan dapat memberikan penjaminan kepada lembaga keuangan bukan bank dalam hal ini adalah koperasi agar dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada anggota koperasi, yang menyimpan dananya di koperasi.

“Dengan adanya penjaminan tersebut besar harapan kami Pemerintah Kota Denpasar gerakan koperasi lebih mudah berkembang dan dapat menyasar pasar-pasar baru terutama generasi milenial untuk mau dan ikut berkecimpung di koperasi,” kata I Dewa Made Agung.

Dengan adanya penjaminan ini Gerakan Koperasi Kota Denpasar dapat terus berjalan beriringan dengan lembaga keuangan lainnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sekaligus bentuk kata dari implementasi dari spirit Vasudhaiva Kutumbakam yakni kita semua bersaudara atau konsep menyama braya demi untuk mencapai visi kota kreatif berbasis budaya menuju Denpasar maju, makmur aman, jujur dan unggul.

Ketua Dekopinda Kota Denpasar, I Nyoman Sudarsa mengucapkan terima kasih kepada anggota DPR RI Komisi XI, I Gusti Agung Rai Wirajaya karena telah memfasilitasi ke Lembaga LPS. Sehingga gerakan Koperasi mendapatkan informasi dan pengetahuan yang terkait dengan penguatan manejemen koperasi.

“Kita sadari Koperasi telah mampu berdikari dalam upaya memperkuat pemulihan ekonomi yang telah teruji disaat kritis multi dimensi saat pandemi Covid-19 dimana koperasi tetap tangguh dengan UMKMnya,” ungkap Sudarsa.

Dengan demikian tidak sia-sia  slogan Koperasi adalah Soko Guru Perekonomian dimana soko (Saka dalam Bahas Bali) sebagai penguat sebuah bangunan, Guru (yang perlu di tauladani) dimana koperasi gerakan dari, oleh dan untuk anggota merupakan menejemen gotong royong saling membantu sehingga sejalan dengan sesanti Pemerintah Kota Denpasar ‘Vasudhaiva Kutumbakam’,”.

Lebih lanjut dikatakan, dengan semakin majunya usaha dibidang Koperasi dan kebutuhan anggota diperlukan dukungan dari berbagai pihak seperti kehadiran dan perhatian Pemerintah terhadap gerakan koperasi dan dari wakil rakyat yang ada di Pusat DPR RI dan di Daerah DPRD dan para pemikir dari Akademisi.

Mengingat gerakan Koperasi yang terhimpun dalam Dewan Koperasi Indonesia yang diamanatkan dalam Kerpres No. 06 tahun 2021 tentang Anggaran Dasar DEKOPINDA oleh karena itu amanat undang-undang tersebut agar pemerintah berkomitmen untuk ikut memperkuat sehingga gerakan koperasi mendapat perhatian.

Selama ini Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Koperasi dan UMKM Kota Denpasar sudah sangat peduli. Meskipun demikian besar harapannya kepada Pemerintah, Wakil Rakyat yang mempunyai hubungan antar lembaga yang dapat memperkuat perekenomian rakyat.

Komisi XI DPR RI, I Gusti Agung Rai Wirajaya mengaku Koperasi akan mendapat penjaminan. Mengenai penjaminan simpanan ini masih dibahas di DPR RI. Pembahasan ini masih berlangsung senin besok ini mulai dibahas akan disempurnakan mana ada kalimat-kalimat atau pasal pasal yang masuk kiranya tahun ini dimungkinkan akan selesai. “Karena telah masuk paripurna nantinya akan diserahkan ke Pemerintah sehingga pembahasan akan dilanjutkan kita berharap tahun ini bisa selesai,” harapnya.

 


  • 02 Juli 2022
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 450 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya