Pendaftaran Kader PDI Perjuangan

Beri Semangat, Jaya Negara Saksikan Duta Kesenian Sekaa Semar Pegulingan Winangun di PKB

  • 07 Juli 2022
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 555 Pengunjung

Denpasar – Duta Seni Kota Denpasar, Sekaa Semara Pegulingan Dharma Winangun Banjar Pemalukan Kelurahan Peguyangan menampilkan Tari Legong Kuntul pada Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-44 (XLIV) di Kalangan Ayodya Taman Budaya Art Center Denpasar, pada Selasa (5/7/2022).

Pementasan tarian ini disaksikan langsung oleh Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara. Turut hadir dalam acara tersebut Kadis Kebudayaan Kota Denpasar Raka Purwantara, Camat Denpasar Utara I Wayan Yusswara, Camat Denpasar Timur I Made Tirana, serta tim pembina dari Sekaa Semara Pegulingan Dharma Winangun. Dalam kesempatan ini juga ditampilkan berbagai tarian dan tabuh seperti Tabuh Sumambang Bali, Tarian Legong Kuntul dan Tarian Legong Tri Sakti.

“Penampilan tarian dan tabuh dari Sekaa Semara Pegulingan Dharma Winangun merupakan salah satu bukti eksisnya seni tradisi di Kota Denpasar yang hingga kini terus berkembang. Semoga ke depan seni budaya dan tradisi yang khas di Kota Denpasar dapat tetap ajeg dan lestari, tentunya tanpa meninggalkan pakem yang sudah ada,” ujar Jaya Negara saat dikonfirmasi dalam acara tersebut.

Sementara Pembina Tari Legong Kuntul Kadek Diah Pramanasari, mengatakan Tari Legong Kuntul sendiri merupakan tari yang menceritakan tentang sekelompok burung kuntul (bangau) sebagaimana mereka melakukan kebiasaan sehari-hari di sawah yang asik bercengkrama. Tarian legong kuntul ini biasa dibawakan oleh 4 sampai 8 penari putri.

Lebih lanjut dikatakan, penari dan penabuh dalam pementasan ini lebih didominasi oleh generasi muda atau talenta muda yang ada di Banjar Pemalukan Peguyangan.

“Harapannya, melalui kegiatan PKB ini dapat menciptakan generasi-generasi muda yang bertalenta dan tentunya akan menjadi penerus seni dan budaya yang tak terlepas dari adat istiadat serta sebagai umat beragama tentunya,” ungkap Kadek Diah.


  • 07 Juli 2022
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 555 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya