Pendaftaran Kader PDI Perjuangan

Dukung Digitalisasi Perbankan, Gubernur Koster Launching ‘BaliPay’

  • 06 Agustus 2022
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 218 Pengunjung

Denpasar – Untuk mewujudkan visi Ekonomi Kerthi Bali, Pemerintah Provinsi Bali dibawah kepemimpinan Gubernur I Wayan Koster melakukan berbagai terobosan. Salah satunya adalah dengan meluncurkan aplikasi pembayaran digital BaliPay melalui Bank BPD Bali. Peluncuran aplikasi tersebut dilakukan oleh Gubernur Koster di Penisula, kawasan ITDC, Nusa Dua pada Jumat (29/07/2022).

Balipay  memiliki sejumlah fitur. Diantaranya, pembelian pulsa dan paket data, pembelian token listrik, pembayaran pasca bayar, pembayaran TV, pajak daerah, PDAM, PLN, rumah sakit, tiket pariwisata, e commerce. Melalui Balipay, wisatawan dapat berkontribusi sebagai bentuk kepedulian dan kecintaan terhadap Bali, sesuai program Aplikasi We Love Bali.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Bali Wayan Koster mengajak wisatawan manca negara untuk berkontribusi. Kontribusi bersifat sukarela dalam bentuk barang atau dalam bentuk uang. Dana kontribusi yang terkumpul akan dikelola secara profesional dengan prinsip keterbukaan dan akuntabel, yang penggunaannya akan diprioritaskan untuk perlindungan lingkungan alam, budaya dan infrastruktur, dalam rangka meningkatkan kualitas dan daya saing penyelenggaraan kepariwisataan Bali. Dana tersebut nantinya untuk melayani wisatawan manca negara yang berkunjung ke Bali.

Direktur Utama (Dirut)  Bank BPD Bali I Nyoman Sudharma mengatakan  inovasi Balipay merupakan salah satu bentuk penguatan ekosistem perbankan digital. Hal ini sekaligus mendukung transformasi ekonomi Bali yakni Ekonomi Kerthi Bali yang telah dipetakan Gubernur Bali.

Dikatakan Sudharma, pihaknya selalu  mendukung kebijakan dan program Gubernur Bali. Salah satunya melalui penguatan ekosistem perbankan digital. Hal itu sebagai upaya untuk ikut  membantu mempercepat pemulihan ekonomi Bali.  Terutama dalam kaitannya dengan  sektor pariwisata, mengingat ekonomi Bali sebagian besar  bergantung pada sektor pariwisata.

Sudharma   kemudian  merujuk  trend kunjungan wisatawan ke Bali yang meningkat pasca pelonggaran kebijakan kedatangan wisatawan.

Meningkatnya kedatangan wisatawan  menjadikan  perekonomian Bali mulai bergeliat. “Ditengah geliat ekonomi ini, merupakan waktu yang tepat untuk memulihkan pariwisata lebih cepat yaitu dengan akselerasi digital,” ucap Sudharma. Hal  itu menurutnya    sejalan dengan Ekonomi Kerthi Bali dari Pemprov Bali.

Dikatakan dengan Balipay, transaksi dengan berbagai merchant menjadi lebih mudah. Aplikasi  Balipay dapat diunduh melalui playstore dan App Store. “Untuk wisatawan yang liburan ke Bali, sekarang bisa menggunakan Balipay,” kata Sudharma.

Dari pantauan, pengunjung tampak antusias mengunduh aplikasi tersebut. Proses pengunduhan terbilang cukup mudah karena Balipay dapat diunduh di playstore dan App Store. Setelah berhasil terinstal, pengguna melakukan registrasi terlebih dahulu dengan memasukkan nomor HP dan email. Selanjutnya, kode konfirmasi aktivasi akan dikirim lewat SMS dan email. Pengguna dapat memasukkan kode aktivasi tersebut dan sudah bisa menggunakan Balipay untuk bertransaksi.

Sementara launching We Love Bali dilakukan Gubernur Bali Wayan Koster. Ikut mendampingi Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati atau Cok Ace, Sekkda Bali I Dewa Made Indra, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali (KpwBI) Bali Trisno Nugroho dan Dirut Bank BPD Bali I Nyoman Sudharma serta yang lainnya.

 


  • 06 Agustus 2022
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 218 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya