Pendaftaran Kader PDI Perjuangan

Penyerahan PSBI, Peran Aktif ARW Bersama BI Atasi Dampak Covid-19

  • 10 Agustus 2022
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 240 Pengunjung

Denpasar - Denpasar - Menyikapi dampak dari pandemi Covid-19 kepada masyarakat, Anggota DPR RI, I Gusti Agung Rai Wirajaya bersama Bank Indonesia terus berupaya untuk berperan aktif dalam penanggulangan pandemi melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI).

Menurut Anggota Komisi XI DPR RI, I Gusti Agung Rai Wirajaya, selaku mitra kerja Bank Indonesia, Bank Indonesia dalam tugas dan wewenangnya tidak saja mengatur perekonomian negara secara global, tetapi juga memiliki fungsi sosial. Terlebih sejak pandemi global Covid-19 melanda dunia termasuk Indonesia, Bank Indonesia sigap turut membantu penanganan Covid-19 melalui Program Sosial Bank Indonesia. Salah satunya pendistribusian paket sembako bantuan penanganan Covid-19.

“Bank Indonesia khususnya melalui perwakilan di Provinsi Bali terus berupaya memulihkan perekonomian daerah bagaimana meminimalkan dampak pandemi lewat upaya-upaya sosial dan ekonomi,” ucap Agung Rai Wirajaya (ARW), disela kegiatan Penyerahan Program Sosial Bank Indonesia kepada Yayasan Ranajaya Rajasakti Nusantara, Sabtu (7/8/2022).

Pandemi Covid-19 di Indonesia yang masih berlangsung hingga kini telah memberikan dampak bagi perekonomian Indonesia, tak terkecuali Bali. Sebagaimana diketahui, perekonomian Bali tumbuh negatif selama 2 tahun berturut turut yakni pada tahun 2020 - 2021.

Kasus Covid-19 di tahun 2022 memang sudah menunjukkan tren penurunan jika dibandingkan Tahun 2021. Akan tetapi, varian baru menyebabkan peningkatan kasus Covid-19 selama 2 bulan terakhir. Oleh sebab itu, Pemerintah kembali memperketat protokol kesehatan seperti kebijakan pemakaian masker dan screening test Covid-19 bagi pelaku perjalanan.

Meskipun demikian, Bank Indonesia memiliki optimisme terhadap pemulihan perekonomian Bali melalui pengendalian inflasi daerah, perluasan program vaksinasi, pemberian bantuan sosial, pengembangan UMKM, dan penyelenggaraan berbagai event nasional dan internasional dapat menjadi sumber kekuatan bagi Bali Bangkit. Hal ini tercermin dari pertumbuhan ekonomi Provinsi Bali pada triwulan II-2022 tercatat tumbuhsebesar 3,04% (yoy), lebih tinggi dari triwulan sebelumnya sehingga diharapkan menjadi indikator pemulihan di Bali.

Dijelaskan Diah, transformasi pembayaran digital, sebagaimana yang disampaikan pada agenda Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2022 yang diselenggarakan pada tanggal 11-15 Juli 2022 di Bali, Bank Indonesia berupaya mewujudkan ekonomi inklusif dan berkelanjutan serta kemudahan sistem pembayaran melalui QRIS dan perluasan kerjasama pembayaran lintas negara (Cross Border Payment).

Prospek positif terhadap perekonomian Bali seiring dengan pelonggaran PPKM, pelonggaran kebijakan bagi PPDN dan PPLN yang mendorong peningkatan aktivitas pariwisata, pembukaan direct flight penerbangan internasional, dan peningkatan mobilitas masyarakat, serta reopening pusat perdagangan, tentu harus dapat kita maksimalkan untuk Bali Bangkit.

“Kita tetap tidak boleh lengah karena kasus Covid-19 masih terus bergulir. Kerja sama dari berbagai pihak sangat diperlukan untuk kesuksesan agenda G20 dan kelancaran implementasi sistem pembayaran digital. Satu hal mendasar yang harus dilakukan adalah dengan menerapkan protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir dan menjaga jarak,” katanya mengingatkan.

Disampaikan, penyerahan Program Sosial Bank Indonesia berupa 2.500 paket sembako penanggulangan Covid-19 yang terealisasikan berkat dukungan Anggota Komisi XI DPR RI, I Gusti Agung Rai Wirajaya, S.E., M.M. Bantuan ini nantinya akan disalurkan secara bertahap kepada warga yang terdampak Covid-19.

Ia berharap agar bantuan yang  diberikan Bank Indonesia dapat bermanfaat bagi seluruh warga, khususnya untuk meringankan beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Iapun mengajak untuk mengawal bersama penanggulangan pandemi Covid-19 melalui penerapan protokol kesehatan yang disiplin serta program vaksinasi demi Bali Bangkit.

“Kami atas nama Bank Indonesia Provinsi Bali mengucapkan terima kasih kepada Bapak Agung Rai Wirajaya, yang telah mendukung seluruh tugas dan kewajiban Bank Indonesia khususnya di Provinsi Bali,” pungkas Diah Ayu.

Turut hadir dalam kegiatan ini diantaranya, Anggota DPRD Kota Denpasar, I Wayan Sutarma, S.Sos., Anggota DPRD Kabupaten Tabanan, Putu Yuni Widyadnyani, S.S., Anggota DPRD Kabupaten Karangasem, Ni Kadek Sri Dewi Wahyu, tokoh Desa Peguyangan Kaja, I Made Parmita, serta Pimpinan Yayasan Ranajaya Rajasakti Nusantara.

 


  • 10 Agustus 2022
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 240 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya