Pendaftaran Kader PDI Perjuangan

Ingin Bali jadi Pionir, Gubernur Koster Dorong Aparat Pemerintah Daerah Gunakan Kendaraan Listrik

  • 28 Januari 2023
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 343 Pengunjung

Denpasar - Gubernur Wayan Koster telah mencanangkan penggunaan kendaraan listrik bagi aparat pemerintahan di lingkup Pemprov Bali mulai 2023. Kebijakan ini menjadikan Bali sebagai pionir penggunaan kendaraan listrik paling agresif di Indonesia. Pada tahap awal, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali IGW Samsi Gunarta mengatakan pengadaan kendaraan listrik tahun ini sekitar delapan unit dahulu.

“Kemudian terus bertambah, kita akan coba dengan model sewa, masih butung hitung-hitungan karena berkaitan dengan anggaran,” ujar Kadishub IGW Samsi Gunarta.

Kadishub mengatakan target penggunaan kendaraan listrik di aparat pemerintahan pada 2023 adalah 30 unit, tetapi Pemprov Bali masih harus membaca situasi keuangan daerah. Setelah itu, baru ditentukan skema yang akan digunakan mulai dari sewa atau beli, dengan harapan tak hanya Pemprov Bali yang melakukan, tetapi juga jajaran pemerintah kota dan kabupaten. Gubernur Bali Wayan Koster mengatakan pemerintah harus menjadi contoh bagi masyarakat.

"Menurut saya, pemerintah harus jadi contoh. Aparat pemerintahan pusat, daerah, lembaga-lembaga negara di Bali harus menggunakan mobil atau sepeda motor listrik," kata Gubernur Koster.

Koster meminta aparat pemerintah di lingkungan pemprov, pemkot dan pemkab untuk menunjukkan kelebihan kendaraan listrik, seperti biaya bahan bakar dan perawatan murah, hingga dampak baiknya bagi lingkungan.

"Kalau provinsi kita mau kerja sama dengan Perusda. Perusda yang membeli mobilnya, kita yang menyewa dan tiap tahun bayar," ujarnya.

Menurutnya, kendaraan listrik tersebut dapat dibeli Perusda melalui kerja sama dengan BPD Bali dari segi permodalan dengan biaya cicilannya dari APBD Provinsi Bali. “Kita dorong secara konkret ribuan pegawai menggunakan kendaraan listrik, baik mobil maupun motor. Ini supaya bisnis rangkaian itu ya lokal penjualnya Bali dan pembelinya orang-orang Bali," kata Koster lagi.

Koster meyakini dengan salah satu contoh, yaitu penggunaan kendaraan listrik bagi aparat pemerintahan, maka upaya percepatan menuju Bali nol emisi 2024 dapat terlaksana.

 

 


  • 28 Januari 2023
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 343 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya