Pendaftaran Kader PDI Perjuangan

Cok Ace Tolak Keras Wisatawan Asing Bekerja di Bali

  • 28 Februari 2023
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 307 Pengunjung

Denpasar - Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Putra menolak keras wisatawan asing yang yang bekerja di Bali. Hal itu termasuk tindakan ilegal karena menyalahgunakan visa liburan.

"Artinya, orang yang tidak mempunyai hak beroperasi sebagai guide (pemandu) di Bali, tidak boleh melakukan itu," ucap Cok Ace, sapaan akrab Tjokorda Oka, di kantor DPRD Bali, Senin (27/2/2023).

Cok Ace menerangkan sejumlah pekerjaan yang dilirik oleh pekerja asing ilegal antara lain berdagang, kursus mengendarai motor, hingga fotografer. "Itu sebenarnya juga ilegal," katanya.

Cok Ace menilai maraknya wisatawan asing yang kemudian bekerja di Bali disebabkan kondisi di negaranya yang tidak kondusif. Sedangkan, situasi di Pulau Dewata aman dan biaya hidup cukup murah.

Cok Ace tak menampik jika Bali juga membutuhkan tenaga kerja asing untuk sektor tertentu. Misalkan, pemandu wisata yang fasih berbahasa Mandarin. Namun, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali berupaya mengisinya dengan orang lokal.

Pemprov Bali, Cok Ace melanjutkan, terus bekerja sama dengan imigrasi untuk mencegah pekerja asing ilegal. Dinas Ketenagakerjaan Bali juga berupaya mencegah wisatawan asing yang bekerja secara ilegal.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyoroti wisatawan asing yang bekerja secara ilegal di Bali. "Kami tidak bisa memberikan keleluasan (turis) untuk bekerja karena itu tidak mengacu pada izin dia masuk ke Indonesia," kata Sandiaga Kamis (23/2/2023).


  • 28 Februari 2023
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 307 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya