Pendaftaran Kader PDI Perjuangan

Perjuangan Gubernur Koster, Pertandingan Piala Dunia U-20 Digelar di Bali  

  • 09 Maret 2023
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 406 Pengunjung

Denpasar - Kejuaraan Dunia sepakbola untuk kelompok umur di bawah 20 tahun (Piala Dunia U-20), yang dilaksanakan setiap dua tahun oleh FIFA, pada tahun 2023 rencananya dilaksanakan di Indonesia, serta diikuti oleh 24 negara.

Bali bersama Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan  Sumatera Selatan, terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 20 Mei – 11 Juni mendatang. Penetapan tuan rumah ini melalui Instruksi Presiden No.8 Tahun 2020 tentang dukungan penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup Tahun 2021, tetapi diundur tahun 2023, karena ada pandemi covid-19.

Pemilihan tuan rumah ini melalui seleksi sangat ketat dengan mempertimbangkan kelayakan sarana-prasarana tempat penyelenggaraan pertandingan. Berkat perjuangan keras dan komunikasi intensif yang dilakukan Gubernur Bali Wayan Koster dengan berbagai pihak, akhirnya Bali ikut terpilih menjadi tuan rumah. Pertandingan di Bali akan menggunakan lima lapangan yaitu: Stadion Kapten I Wayan Dipta di Gianyar sebagai venue utama, Stadion Kompyang Sujana (Denpasar), Stadion I Gusti Ngurah Rai (Denpasar), Stadion Gelora Trisakti (Legian, Kuta) dan Stadion Samudera Kuta, sebagai lapangan penunjang untuk latihan.

Berkat perjuangan keras Gubernur Koster ini, Bali akhirnya terpilih menjadi lokasi official draw FIFA U-20 World Cup Indonesia 2023. FIFA melakukan seleksi dan verifikasi dengan peninjauan lapangan di tiga lokasi yaitu: DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Bali. Dengan berbagai pertimbangan, akhirnya FIFA memilih Bali sebagai lokasi official draw FIFA U-20 World Cup Indonesia 2023yang , disampaikan melalui surat Nomor 71/FWCU20/71/UDN/I-2023. Kegiatan official draw dilaksanakan pada 31 Maret 2023 di Gedung Ksirarnawa, Art Center-Taman Budaya, Bali. Official draw adalah pengundian grup peserta Piala Dunia U-20 yang terbagi menjadi enam grup dari 24 negara. Ini merupakan suatu keistimewaan luar biasa, karena baru pertama kali official draw dilaksanakan di Bali/Indonesia. Sedangkan selama ini official draw selalu dilaksanakan di Swis sebagai tempat yang netral.

Gubernur Koster berkomitmen penuh untuk melakukan perbaikan Gedung Ksirarnawa dan penataan kawasan Taman Budaya sesuai persyaratan yang ditentukan FIFA. Juga memastikan pekerjaan diselesaikan pertengahan Maret 2023, dengan biaya penuh dari APBD Semesta Berencana Provinsi Bali.

Saat official draw FIFA U-20, Bali kembali akan menjadi pusat perhatian dunia, tidak saja dari 24 negara yang akan hadir, tetapi juga para pecinta fanatik bola dari seluruh dunia. Hal itu karena acara ini rencananya disiarkan secara langsung oleh berbagai media internasional.

Gubernur Bali tamatan ITB ini berharap official draw FIFA U-20 pada 31 Maret dan Piala Dunia U-20 pada 20 Mei – 11 Juni nanti berlangsung lancar, nyaman, aman, damai, dan sukses seperti halnya KTT G20 pada 15-16 November 2022 yang sukses luar biasa, terbukti semakin mengharumkan nama Bali.

Gubernur Koster juga mengucapkan angayu bagia atas restu alam Bali, Ida Bhatara, leluhur, lelangit, dan guru-guru suci, karena Bali terpilih menjadi tempat even internasional, KTT G-20 dan Piala Dunia U-20, serta pertemuan internasional lainnya. Even itu berkontribusi besar dalam percepatan pemulihan pariwisata dan perekonomian Pulau Dewata.

Gubernur Koster mengajak seluruh komponen masyarakat Bali agar mendukung penuh official draw FIFA U-20 dan Piala Dunia U-20 dengan menciptakan situasi yang kondusif agar even internasional yang bergengsi dan langka ini berjalan lancar, nyaman, aman, damai, dan sukses, serta mampu membangkitkan kembali Bali sebagai Padma Bhuwana, pusat peradaban dunia, sesuai  visi ‘’Nangun Sat Kerthi Loka Bali’’.

 

 

Artikel ini sudah tayang di denpost.id dengan judul “Berkat Perjuangan Gubernur Koster, Bali Tuan Rumah Piala Dunia U-20” Link berita: https://www.denpost.id/news/2023/03/08/674954/berkat-perjuangan-gubernur-koster-bali-tuan-rumah-piala-dunia-u-20.html?amp

 


  • 09 Maret 2023
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 406 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya