Pendaftaran Kader PDI Perjuangan

Gubernur Koster Dampingi Menko Marves Tinjau Ujicoba TPST

  • 10 Maret 2023
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 472 Pengunjung

Denpasar – Gubernur Bali, Wayan Koster bersama Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara sangat kompak mendampingi Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Luhut Binsar Pandjaitan meninjau uji coba operasional Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Kesiman Kertalangu Kota Denpasar, Kamis (9/3/2023).

Gubernur Bali, Wayan Koster mendampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) RI, Luhut Binsar Pandjaitan dalam Kunjungan kerja (Kunker) untuk meninjau lapangan uji coba operasional Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Kesiman Kerthalangu, pada Kamis (9/3/2023).

Kunker yang dilaksanakan Menko Marves RI bersama Gubernur Bali jebolan ITB ini, turut juga dihadiri oleh Kapolda Bali, Irjen. Pol. Putu Jayan Danu Putra dan Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara, Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wiradana, Jajaran Kementerian Marves RI, Jajaran Kementerian PUPR, OPD terkait di lingkungan Pemprov Bali, OPD terkait di lingkungan Pemkot Denpasar, Perwakilan PT. Adhi Karya serta jajaran Bali CMPP sebagai pelaksana Operasional 3 TPST di Kota Denpasar.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan disela peninjauan menjelaskan, kunjungan kali ini dilaksanakan untuk mengidentifikasi serta mengevaluasi uji coba yang telah dilaksanakan di TPST Kesiman Kertalangu. Hal ini diharapkan menjadi dasar untuk pengoperasian TPST nantinya secara 100 persen. “Meninjau dan Mengevaluasi untuk memastikan uji coba berjalan optimal dan segara dapat dioperasikan secara optimal,” ujarnya.

Luhut Panjaitan berharap, TPST Kesiman Kertalangu ini bisa menjadi model. Dimana, Pemerintah akan melaksanakan Pembangunan TPST di seluruh Indonesia guna mengatasi permasalahan sampah yang menjadi perhatian dunia. “Saat ini uji coba di TPST Kertalangu sedang dilaksanakan dan akan terus ditingkatkan hingga 100 persen bahkan lebih, nanti optimalnya kita harapkan Bulan Juni sudah siap semua untuk 3 TPST yakni TPST Tahura Suwung, TPST Padangsambian Kaja dan TPST Kesiman Kertalangu,” kata Luhut.

Sementara itu, Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara mengatakan, peninjauan ini bertujuan untuk menginventarisasi dan memberikan rekomendasi dalam mendukung percepatan operasional TPST Kesiman Kertalangu. Pihaknya juga menekankan kepada Bali CMPP selaku pihak pengelola agar bekerja secara optimal sesuai komitmen awal, sehingga permasalahan sampah di Denpasar bisa teratasi

Dalam kesempatan tersebut Jaya Negara juga mengusulkan agar dilaksanakan pembangunan akses jalan memutar di Kawasan Bay Pass Ida Bagus Mantra. Hal ini guna memperpendek jarak memutar truk sampah yang akan menuju TPST Kesiman Kertalangu. Pihaknya juga optimis, dengan beropertasinya 3 TPST ini, yakni TPST Kesiman Kertalangu, TPST Tahura dan TPST Padangsambian Kaja, permasalahan sampah di Kota Denpasar bisa diatasi dengan optimal. Termasuk juga dukungan dari TPS3R serta Bank Sampah yang tersebar di desa/kelurahan.

“Tentu kami berharap nanti dengan beroperasinya TPST di Kota Denpasar mampu mendukung optimalisasi penanganan sampah di Kota Denpasar,” jelasnya.

Mengakhiri kunjungannya, Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan saat ini ia bersama Gubernur Bali, Wayan Koster sedang bekerja menangani TPA Suwung yang saat ini sudah ditutup, agar kedepan menjadi lahan yang bermanfaat, sesuai saran dan cita-cita Murdaning Jagat Bali, Bapak Wayan Koster supaya TPA ini dimanfaatkan menjadi kawasan yang bersih dan bisa dimanfaatkan warga sebagai arena rekreasi.


  • 10 Maret 2023
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 472 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya