Pendaftaran Kader PDI Perjuangan

Gubernur Koster Batasi Pergerakan Turis Asing, Cok Ace: Momentum Baik

  • 14 Maret 2023
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 484 Pengunjung

Denpasar - Gubernur Bali Wayan Koster berencana membuat Peraturan Gubernur (Pergub) tentang Tata Kelola Kepariwisataan menyusul maraknya turis asing bikin ulah di Pulau Dewata. Wakil Gubernur Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati atau Cok Ace menilai hal tersebut tepat.

"Sekarang memang momentum yang sangat baik sekali ketika wisatawan sekitar 50-60 persen untuk mengadakan penataan di Bali, khususnya kepada wisatawan-wisatawan yang datang ke Bali," katanya kepada detikBali di Pura Besakih, Karangasem, Senin (13/3/2023).

Cok Ace mengatakan Bali kembali menjadi primadona bagi wisatawan mancanegara karena memiliki banyak daya tarik. Misalnya untuk berinvestasi hingga hidup bebas yang didukung biaya hidup murah.

Yang menjadi fokus utama dalam Pergub Tata Kelola Kepariwisataan adalah maraknya turis asing yang melanggar aturan lalu lintas (lalin), memiliki rental motor, serta perilaku dan etika berkendara.

"Belum (Pergub), kemarin kan Pak Gub mewacanakan hal-hal seperti itu tentu perlu kajian mendalam. Kan ini menyangkut mata pencaharian masyarakat kita. Nanti kami tertibkan apanya yang salah," jelas tokoh Puri Ubud tersebut.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali bekerja sama dengan instansi terkait bakal menindak turis asing pelanggar lalin dengan tegas, termasuk penyedia jasa rental.

"Yang saya perhatikan di lapangan, pengguna itu diberikan menyewa dalam keadaan tidak punya SIM. Nah akhirnya menjadi kesulitan di lapangan," terang Cok Ace.


  • 14 Maret 2023
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 484 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya