Pendaftaran Kader PDI Perjuangan

Dibawah Kepemimpinan Jaya – Wibawa, Kota Denpasar Raih APBD Tertinggi Kategori Pemkot

  • 17 Maret 2023
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 318 Pengunjung

Jakarta - Penghargaan Keuangan Daerah kategori Realisasi Peningkatan Pendapatan Daerah Tertinggi APBD katagori Pemerintah Kota kembali diraih Kota Denpasar di Tahun 2023. Pada tahun 2022 penghargaan yang sama dibidang keuangan telah diraih Kota Denpasar. Penyerahan Penghargaan realisasi Pendapatan Daerah Tertinggi APBD Tahun 2022 dilakukan Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Dr. Drs. Agus Patoni yang disaksikan Wakil Menteri Dalam Negeri RI, John Wempi Wetipo, diterima Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, Kamis (16/3/2023) di Mercure Convention Centre Ancol, Jakarta.

Penyerahan penghargaan ini dirangkaikan dengan Pelaksanaan Rakornas Keuangan yang dibuka Wakil Menteri Dalam Negeri RI, Jhon Wempi Wetipo dan  dihadiri Gubernur, Bupati/Walikota, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) serta Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) dan Bappeda dari daerah di Indonesia baik secara online maupun offline. Dalam Rakornas ini diberikan penghargaan realisasi APBD  tahun 2022 kepada sejumlah daerah. Penghargaaan diberikan karena Pemerintah Kota Denpasar mampu dalam peningkatan kapasitas pengelolaan keuangan daerah yang ditunjukkan dengan memperhatikan percepatan realisasi APBD, penanganan inflasi , penanganan stunting, dan kemiskinan ekstrem.

Kehadiran Walikota Jaya Negara didampingi, Kepala Bapenda Kota Denpasar I Gusti Ngurah Edi Mulya, Kepala BPKAD Kota Denpasar, Putu Kusumawati, serta  Kepala Bappeda Kota Denpasar I Putu Wisnu Kusuma Wijaya.

Wakil Menteri Dalam Negeri RI, Jhon Wempi Wetipo menyampaikan bahwa peran Kemendagri untuk mendorong peningktan penyerapan APBD diantaranya membentuk tim monitoring bersama lembaga kementerian terkait, melakukan monitoring dan evaluasi serta analisa dengan turun langsung ke daerah maupun virtual, serta melaksanakan rapat koordinasi provinsi, kabupaten atau kota. Disamping itu mendorong pertumbuhan ekonomi dan mengendalikan inflasi, agar kepala daerah terus monitor, karena kontribusi pertumbuhan ekonomi daerah sangat penting menunjang perekonomian Nasional. Diingatkan juga menjelang Bulan  Ramadhan Pemda perlu mewaspadai kebutuhan penyumbang inflasi, seperti daging, minyak goreng dan komoditas lainnya.

"Atas nama pemerintah kami sampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemda yang telah mengoptimalkan atas penyerapan anggaran realisasi APBD tahun 2022, semoga di tahun 2023 dapat semakin ditingkatkan profesionalismenya dalam pengelolaan keuangan daerah yang efisien, patuh, wajar, rasional dan akuntabel," ujarnya

Sementara Wali Kota Denpasasr, I.G.N Jaya Negara usai menerima penghargaan menyampaikan, bahwa penghargaan ini menjadi motivasi seluruh jajaran Pemkot Denpasar untuk meningkatkan kinerja. "Ini menjadi bukti bahwa kinerja Pemerintah Kota Denpasar dalam pengelolaan keuangan daerah mendapat penilaian positif dan apresiasi dari pemerintah pusat. Hal ini juga sebagai pelecut kami kedepan untuk meningkatkan kinerja dan meningkatkan profesionalisme dalam pengelolaan keuangan daerah," ujar Jaya Negara.

"Keberhasilan Kota Denpasar dalam menangani pandemi Covid-19 tak terlepas dari dukungan masyarakat bersama Forkopimda untuk melakukan vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan sehingga dibukanya kembali pariwisata yang merupakan penopang perekonomian Kota Denpasar yang muaranya pendapatan daerah juga semakin meningkat," ujar Jaya Negara.


  • 17 Maret 2023
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 318 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya