Pendaftaran Kader PDI Perjuangan

Gubernur Bali Kembali Tegaskan Tolak Israel dalam World Beach Games

  • 06 April 2023
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 310 Pengunjung

Denpasar - Gubernur Bali, I Wayan Koster, kembali menyuarakan penolakannya terhadap Israel untuk tidak ikut serta dalam event World Beach Games yang akan diadakan di Bali pada Agustus 2023 mendatang.

I Wayan Koster mengatakan Indonesia tidak mempunyai hubungan diplomatik dengan Israel. Dalam hal itu, I Wayan koster kembali menegaskan penolakan terhadap Israel untuk datang ke Bali dalam event World Beach Games.

"Bahwa tidak ada hubungan diplomatik antara Indonesia dan Israel. (Berpatokan) pada konstitusi, yang kedua dasarnya adalah Peraturan Luar Negeri nomor 3 tahun 2019. Sebagai suatu entitas sendiri karena diatur dalam peraturan menteri luar negeri, tidak boleh menyampaikan lagu kebangsaan (Israel)," kata Gubernur Koster, Rabu (5/4/2023).

"Jadi saya tetap menolak kehadiran Israel di Bali, termasuk di ANOC World Beach Games mendatang," lanjutnya.

Hal tersebut merupakan lanjutan dari sikap Koster yang menolak Israel di Bali. Seperti yang diketahui sebelumnya, Koster juga menolak kehadiran Timnas Israel U-20 pada Piala Dunia U-20 2023.

Ia juga menjelaskan, Israel tak boleh mengibarkan bendera negara serta tidak boleh menyanyikan lagu kebangsaan negaranya di Indonesia.

"Dan lebih lanjut tidak boleh mengibarkan bendera negaranya dan tidak boleh menyanyikan lagu kebangsaan negaranya," ujar Gubernur Koster.

Terkait hal itu, Gubernur Koster menyatakan penolakan Israel tidak diperbolehkan main di Indonesia. Ia pun juga akan mengusulkan kepada pihak penyelenggara event agar Israel tak boleh ikut ajang tersebut.

"Jadi karena itu ya tidak bisa, saya juga akan mengusulkan kepada semua penyelenggara jika dilaksanakan di Bali, ya Israel jangan diikutkan," tandasnya.

Terkait penolakan Israel dalam event World Beach Games di Bali oleh Wayan Koster, Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), Raja Sapta Oktohari mengatakan akan menjalin Komunikasi dengan Gubernur Bali tersebut. Komunikasi itu nantinya diharapkan untuk mendapat titik temu sehingga batalnya Piala Dunia U-20 sebelumnya tidak akan terjadi di event World Beach Games.

"Pak Wayan Koster itu Gubernur bali itu senior saya. Saya banyak belajar dari dia."

"Saya kira saya akan terus berusaha berkomunikasi dengan Pak Wayan Koster agar bisa dapat titik temu apapun keputusannya karena sejak awal kami tidak mau ada yang menjadi korban,” kata Okto di Kantor NOC Indonesia, Menara Olahraga, Senayan, Jakarta, Kamis (6/4/2023).

"Semoga ada pembelajaran dari situasi ini buat Indonesia kedepan," tambahnya.

Diketahui, World Beach Games merupakan kegiatan multi event ketiga terbesar di dunia setelah summer Olympic atau olimpiade musim panas, dan winter Olympic atau olimpiade musim dingin. World Beach Games atau olahraga pinggir pantai nantinya akan diikuti oleh kurang lebih 1600 atlet dari lebih 130 negara yang melakukan kualifikasi.

Jadi nantinya, ada 205 negara yang ikut dalam kualifikasi dan akan terseleksi 130 negara yang akan berpartisipasi di Indonesia World Beach Games.


  • 06 April 2023
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 310 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya