Pendaftaran Kader PDI Perjuangan

Alasan Gubernur Koster Tolak Kontingen Israel pada Ajang ANOC World Beach Games 2023 di Bali

  • 06 April 2023
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 314 Pengunjung

Amlapura – Ajang ANOC World Beach Games 2023 akan diadakan di Bali pada 5-12 Agustus mendatang. Kontingen dari berbagai negara akan datang untuk mengikuti ajang tersebut, termasuk kontingen dari negara Israel.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Bali Wayan Koster tegaskan sikap menolak kontingen Israel di ajang ANOC World Beach Games Bali 2023. Sikap penolakan terhadap kontingen Israel pada ANOC World Beach Games 2023 tersebut didasari oleh beberapa alasan yang menyangkut Undang-Undang Dasar dan Permenlu.

“Sesuai dengan konstitusi, kemerdekaan adalah hak segala bangsa dan oleh karena itu penjajahan di atas dunia harus dihapuskan. Karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan,” ucap I Wayan Koster pada awak media di Pura Besakih, Bali, Rabu (5/4/2023).

“Penjajahan Israel terhadap Palestina, menjadi sikap politik Bung Karno. Saya pun juga melaksanakan amanat itu dengan penuh tanggung jawab.” lanjutnya menambahkan.

Pembukaan UUD 1945 menjadi alasan pertama Koster menolak kontingen Israel pada ajang ANOC World Beach Games 2023.

Diketahui sampai saat ini Israel masih berkonfrontasi dengan Palestina. Kabar terakhir, terjadi bentrokan antara Israel dan Palestina sebagai buntut atas penyerangan Masjid al-Aqsa oleh polisi Israel.

Gubernur Bali Wayan Koster memegang amanat Bung Karno untuk menolak penjajahan di atas dunia melalui sikap tegas menolak kontingen Israel di World Beach Games 2023.

“(Kedua) juga ada Permenlu nomor 3 tahun 2019, bahwa tidak ada hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Israel,” ujar I Wayan Koster kepada awak media.

“Konsekuensinya adalah tidak boleh menerima (Israel) di tempat resmi dan di acara resmi. Lebih lanjut, tidak boleh mengibarkan bendera Israel dan menyanyikan lagu kebangsaan Israel di negara ini,”

“Saya akan mengusulkan kepada penyelenggara, kalau World Beach Games dilaksanakan di Bali, agar Timnas Israel tidak diikutkan.” tandas Gubernur Bali, I Wayan Koster.

Wayan Koster menegaskan, bahwa sikap penolakan tersebut adalah sikap pemerintahan. Bukan hanya sikap pribadi. Itulah beberapa alasan di balik sikap penolakan I Wayan Koster terhadap kontingen Israel pada ajang ANOC World Beach Games 2023.

Menanggapi penolakan I Wayan Koster terhadap kontingen Israel pada ajang World Beach Games 2023, pihak penyelenggara belum memberikan keterangan lebih lanjut.


  • 06 April 2023
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 314 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya