Pendaftaran Kader PDI Perjuangan

Resmikan Monumen Ida Cokorda Gede, Koster: Pasar Rakyat di Ubud, Upaya Tingkatkan Pariwisata

  • 06 April 2023
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 516 Pengunjung

Gianyar – Gubernur Bali Wayan Koster bersama Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati meresmikan Pasar Rakyat Tematik Wisata Ubud, Rabu (5/4/2023). Peresmian ditandai dengan Upacara Mendem Pedagingan dan penandatanganan prasasti di monumen Ida Cokorda Gede Agung Sukawati.

Gubernur Bali Wayan Koster saat meresmikan Pasar Rakyat Tematik Wisata Ubud di Gianyar mengatakan pasar rakyat tersebut menjadi upaya untuk meningkatkan daya tarik pariwisata.

Pasar Rakyat Tematik Wisata Ubud menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan daya tarik sekaligus pelayanan kepada wisatawan, guna memajukan pariwisata di Bali. Selain itu juga untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Gubernur Koster mengatakan, Pasar Rakyat Tematik Ubud menjadi kebanggaan, karena di pasar itu juga dibangun patung Ida Cokorda Gede Agung Sukawati.

Patung Ida Cokorda Gede Agung Sukawati  sebagai monumen yang melambangkan jasanya terhadap pariwisata Bali. Ida Cokorda Gede Agung Sukawati tercatat telah berjasa di dalam mengembangkan pariwisata budaya di Ubud sejak 1930.

Di tahun-tahun tersebut, Ida Cokorda Gede Agung Sukawati tercatat namanya karena berjasa dalam mengembangkan pariwisata budaya di tanah asal Wakil Gubernur Bali saat ini Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati.

“Jadi ini suatu monumen yang sangat penting untuk generasi penerus, sekaligus mengingatkan bahwa pariwisata budaya harus terus kita laksanakan agar pariwisata Bali tetap eksis dan bisa bersaing dalam menghadapi dinamika lokal, nasional dan global,” kata Gubernur Koster, Rabu (5/4/2023).

Sementara itu, Panglingsir Puri Agung Ubud, Tjokorda Gde Putra Sukawati menyerahkan Buku Perjalanan Sejarah Cokorda Gede Agung Sukawati. Menurut Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, dalam buku tersebut memuat perjalanan sejarah Cokorda Gede Agung Sukawati, sejak ia lahir hingga menerima penghargaan dari pemerintah sebagai perintis pariwisata budaya.

Dalam buku itu juga terdapat dokumen-dokumen sejarah saat Ida Cokorda Gede Agung Sukawati berjuang di dalam menginovasikan seni dari kesenian tradisional sampai pada terbukanya kesenian tradisional modern.

Dalam siaran Humas Pemprov Bali, di Denpasar, Kamis, Wayan Koster menyampaikan apresiasinya terhadap Bupati Gianyar I Made Agus Mahayastra yang membangun pasar sejalan dengan sejarah berkembangnya pariwisata di Ubud.

"Sehingga, Pasar Rakyat Tematik Wisata Ubud ini menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan daya tarik sekaligus pelayanan kepada wisatawan guna memajukan pariwisata di Bali, demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat," kata dia.


  • 06 April 2023
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 516 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya