Pendaftaran Kader PDI Perjuangan

Launching Agen Simpel Sekolah, Guberur Koster Serahkan Beasiswa

  • 26 Mei 2023
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 402 Pengunjung

Denpasar - Gubernur Bali, Wayan Koster menyerahkan beasiswa dan Lounching Agen Simpel Sekolah dengan Bank BPD Bali Jumat, (26/5/2023), bertempat di Gedung Ksirarnawa Taman Budaya, Denpasar.

Beasiswa diserahkan kepada siswa berprestasi kurang mampu secara ekonomi dengan besaran bervariasi antarjenjang.

“Beasiswa yang diserahkan bagi siswa SD sebesar Rp 1.000.000,00, SMP Rp 1.250.000,00, SMA/SMK Rp 1.500.000,00, dan mahasiswa Rp 2.500.000,00. Total beasiswa yang diserahkan mencapai 1 Milyar. Dananya bersumber dari CSR Bank BPD Bali yang sudah berlangsung sejak 2020”, kata Wayan Koster, sembari mengingatkan dan menginspirasi para penerima beasiswa untuk rajin belajar dengan tekad kuat mengikuti proses secara benar.

Ditambahkannya, ‘’Jangan melihat saya sekarang sebagai Gubernur Bali. Perjuangan saya dulu sangat sulit. Sejak SD jualan daun pisang. Uangnya saya berikan ke ibu. Saat hari raya dibelikan baju baru. Syukur saya bisa kuliah, sedangkan saudara-saudara lain putus sebelum SMA," ujarnya.

"Nilai Matematika saya selalu bagus hingga bisa lolos masuk ITB dengan uang pinjaman dan hasil ternak sapi, bermodal Rp 250.000,00 merantau ke Bandung. Sejak mahasiswa sudah memberikan privat bagi pelajar SMA di Bandung untuk menopang studi dan kebutuhan sehari-hari sebagai anak rantau”, kata Wayan Koster yang getol membangun manusia Bali Unggul, berdasarkan visi Sat Kerthi Loka Bali.

Inspirasi yang disampaikan Gubernur Bali Wayan Koster kepada pelajar dan mahasiswa untuk mengingatkan agar tidak sampai putus sekolah/kuliah.

Selalu ada jalan keluar dari kemiskinan. Solusinya melalui pendidikan dengan guru yang sejahtera dan bermartabat, yang sudah diperjuangkan sejak UU Guru dan Dosen disahkan pada 2005.

“Saat itu, saya di Komisi X DPR RI yang membidangi Pendidikan merancang RUU Guru dan Dosen hingga disahkan pada 2005. Dari sinilah muncul sertifikasi guru dan dosen dengan Tunjangan Profesi Guru (TPG) dan Dosen sebesar satu kali gaji setiap bulan. Lumayanlah untuk guru yang selalu disebut pahlawan tanpa tanda jasa. Bahkan untuk Kepala Sekolah di bawah kewenangan Pemerintah Provinsi Bali, sejak 2019 sudah diberikan tunjangan yang besarnya mencapai Rp 7 juta lebih setiap bulan’’. tegas Wayan Koster, yang DPR RI tiga periode sebelum menjadi Gubernur Bali sejak 2018.

Direktur Bank BPD Bali, I Made Sudarma juga mengapresiasi kinerja Guberur Bali dalam bidang pendidikan dengan mengucurkan beasiswa berprestasi bagi siswa/mahasiswa kurang mampu secara ekonomi.

‘’Saya bisa berdiri di sini berkat pendidikan dengan guru sebagai arsiteknnya. Oleh karena itu, izinkan saya berterima kasih kepada para guru di bawah binaan para Kepala Sekolah”, kata Sudarma yang mengakhiri sambutan dengan mengutip Nelson Mandela, “Pendidikan adalah senjata paling ampuh untuk mengubah dunia.”

Selain menyerahkan beasiswa secara simbolis, Gubernur Bali Wayan Koster juga me-lounching Agen Simpel Sekolah dari BPD Bali.

Simpel (Simpanan Pelajar) BPD Bali dengan membuka outlet di sekolah masing-masing bertujuan mengedukasi siswa rajin menabung sejak dini. Louncing Simpel BPD Bali ditandai dengan penyerahan plakat kepada Kepala SMA Negeri 1, 3, 7 Denpasar.

Acara penyerahan beasiswa dan Lounching Simpel BPD Bali berjalan lancar dan semarak diawali dengan persembahan Tari Baris Mandana Manggala Yuda dari Sanggar Tari Kabupaten Gianyar dan diakhiri dengan genjek edukasi dengan ajakan menabung persembahan siswa SMA Negeri 3 Denpasar.

Gubernur Bali Wayan Koster menyerahkan beasiswa dan Lounching Agen Simpel Sekolah Bank BPD Bali Jumat, 26 Mei 2023 bertempat di Gedung Ksirarnawa Taman Budaya Denpasar.

 


  • 26 Mei 2023
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 402 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya