Pendaftaran Kader PDI Perjuangan

Wagub Cok Ace Ikuti Mapepada Wewalungan Pura Mandara Giri Semeru Agung

  • 03 Juli 2023
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 450 Pengunjung

Lumajang - Wakil Gubernur Bali Prof. Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati didampingi Ketua PHDI Jawa Timur, Pembimas Jawa Timur, Ketua DPP Peradah Jawa Timur, dan PHDI Lumajang turut menyaksikan prosesi Mapepada Wewalungan.

Ritual yang dipuput oleh Ida Pedanda Gunung Sari ini serangkaian Karya Pujawali di Pura Mandara Giri Semeru Agung, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu, Redite, Wuku Wariga, 2 Juli 2023.

Prosesi Mapepada Wewalungan merupakan penyamaan terhadap roh hewan (kambing, kerbau, babi, dan kura-kura, red) yang akan digunakan untuk sarana upakara. Lewat ritual ini diharapkan arwah hewan yang diupacarai, ketika lahir kembali mengalami kenaikan tingkat.

Mapepada Wewalungan yang dilaksanakan sehari sebelum puncak Karya Pujawali Pura Mandara Giri Semeru Agung diharapkan mampu membersihkan jagat raya secara sekala dan niskala.

Puncak karya dilaksanakan pada Soma Kliwon Wariga dilanjutkan pujawali nyejer selama 11 hari. Mapepada adalah upacara penyucian yang dilaksanakan sebelum memotong hewan yang hendak digunakan untuk upacara yadnya sehingga terhindar dari Ahimsa Karma.

Rangkaian Pujawali Pura Mandara Giri Semeru Agung dilaksanakan sejak 6 Juni 2023 dengan acara Matur Piuning, Nuur Tirta ke beberapa tempat, yaitu Nuur Tirta Empul Tampak Siring, Nuur Tirta Pura Selukat, dan Nuur Tirta Pura Sidakarya. Dilanjutkan dengan Nanceb, Negtegan, Nyamuh, serta Melasti.

Usai puncak karya dilaksanakan beberapa rangkaian upacara yaitu Nganyarin oleh 9 Kabupaten/Kota se-Bali, Piodalan Ranu Pane, Piodalan Ranu Dringu, Piodalan Pandan Sari, dan terakhir Penyineban pada 14 Juli 2023.

Selepas mengikuti prosesi Mapepada, Wagub Cok Ace juga turut menghadiri peresmian dan serah terima Gedung Kelompok Kerja Semeru Agung di area pura.

Dalam sambutan singkatnya, Wagub Cok Ace mengapresiasi pembangunan gedung yang akan digunakan untuk penjualan hasil UMKM masyarakat Senduro.

Diharapkan usaha yang memiliki tujuan untuk peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat sekitar tersebut dapat berkembang; tentunya dengan inovasi yang semakin baik setiap waktunya sehingga penjualan produk berkelanjutan alias tidak berhenti di tengah jalan.


  • 03 Juli 2023
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 450 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya