Pendaftaran Kader PDI Perjuangan

Cerita Kehangatan Ganjar Makan Siang dengan Airlangga

  • 18 Juli 2023
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 416 Pengunjung

Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto menjamu Ganjar Pranowo, sosok yang menjadi bakal capres dari PDI Perjuangan sembari menyantap makanan.

Ganjar Pranowo hadir di kantor Airlangga sebagai Gubernur Jawa Tengah (Jateng) sambil tersenyum hangat. Aura kehangatan ditunjukkan dalam momen makan Bersama. Salah satu hal yang dibahas keduanya adalah mengenai proyek strategis nasional atau PSN. Airlangga menerangkan khusus di Jateng, terdapat 37 proyek strategis nasional. Sejumlah proyek PSN pun telah beroperasi antara lain PLTU Batang, Tol Trans Jawa hingga pengembangan Pelabuhan Cilacap. "Investasinya sebesar Rp 258,76 Triliun,dan menyerap tenaga kerja 66 ribu orang secara langsung," kata Airlangga di kantornya, Senin (17/7).

Sementara PSN yang beroperasi sebagian contohnya Tol Semarang-Demak. Kemudian sektor PSN terbangun 340 kilometer khusus untuk jalan dengan total investasi mencapai Rp 58 triliun. Di sisi lain, Airlangga mengaku membahas hal di luar PSN bersama Ganjar. Hanya saja, pembahasan itu dilakukan di luar ruang rapat. Dia pun juga sempat menyampaikan kelakar membahas soal 'pengetahuan'.
 "Kalau di ruang rapat tidak ada, tapi sebelum rapat pasti ada lah. Ngobrol barengan sambil makan," ucapnya sambil tersenyum.

Sementara Ganjar Pranowo mengungkapkan keinginannya mempercepat penuntasan program kerja di Jawa Tengah sebelum lengser dari jabatannya September mendatang. "Saya mau ikut jawab ya. Kenapa Jateng. Kebetulan saya selesai 5 September maka saya bertanggung jawab untuk menyelesaikan selama periode saya. jadi PR-PR yang diberikan kepada kami mesti tuntas. Pekerjaan ini bersama Wali Kota sudah jalan," ucap Ganjar bersahaja.

Airlangga Hartarto mengatakan kedekatannya dengan sosok Ganjar Pranowo telah terjalin lama. Airlangga pun berseloroh kedekatan keduanya menandakan 'sinyal' yang kuat. "Kalau ini (Ganjar) teman dari dulu, karena dekat sinyalnya tinggi, karena jauh sinyalnya roaming," kata Airlangga.

Entah sinyal apa yang dimaksud oleh Airlangga. Namun, pernyataan itu muncul saat Airlangga merespon pertanyaan soal pertemuan keduanya yang menandakan sinyal mendekat ke koalisi. Soal arah koalisi, Airlangga menyatakan bahwa partainya masih cair dengan partai politik lainnya. Partai berlambang pohon beringin itu bahkan kerap memenuhi undangan parpol lain, seperti misalnya Airlangga yang menghadiri Bulan Bung Karno (BBK) yang diadakan oleh PDI Perjuangan.

"Tentu dengan ketum partai cair, dan saya hadir di ultah PDIP. Pak Ganjar sebelah kiri, saya sebelah kanan. Jaraknya sama lah kira-kira. Sama seperti hari ini jaraknya, cuman bedanya di tengah ada 3 orang ha-ha-ha. Ada Pak Presiden, Bu Mega dan saya di sebelah Bu Puan. Jadi kalau dari situ jarak saya dengan Pak Ganjar nggak beda-beda jauh. dekat," jelasnya disertai gelak tawa.

Menko Perekonomian itu berseloroh dirinya dan Ganjar memiliki penyakit yang sama. "Kalau saya sama Pak Ganjar penyakitnya sama nih, penyakit Gajah Mada, sama sama lulusan Gajah Mada," ucapnya. Senada dengan Airlangga, Ganjar juga menyebut jalinan komunikasi dengan Airlangga telah terjalin lama. Dia bahkan berkelakar Airlangga 'anak buahnya' di Keluarga Alumni Universitas Gajah Mada (Kagama). "Saya tuh sama Pak Airlangga komunikasinya udah lama banget. Kebetulan sama-sama sekolah di UGM," terangnya.

"Kalau saya ke (kantor) beliau hari ini, ya saya anak buahnya (Airlangga). Tapi kalau di UGM beliau anak buah saya karena ketua alumninya saya. Sehingga kami sering komunikasi apakah itu urusan politik, kami komunikasi intens," sambungnya. Ganjar mengaku belum ada pembahasan soal kerja sama cawapres saat pertemuan dengan Airlangga Hartarto. Namun, diakui Ganjar, komunikasi dengan Airlangga tetap berjalan. "Belum ya, belum ke sana," kata Ganjar usai bertemu.

Meski begitu Ganjar mengaku komunikasi politik bersifat dinamis. Pihaknya pun membuka ruang komunikasi koalisi dengan sejumlah partai politik. "Komunikasi politik itu kita jalan terus untuk semua urusan ya. Dalam arti semua ingin menjajaki, semua ingin berkomunikasi tentu saja ruang komunikasi itu kita buka. Kebetulan saya dengan Pak Airlangga kan teman lama," katanya.

 Airlangga Hartarto diketahui juga makan siang bersama saat bertemu Ganjar Pranowo di kantor Kemenko Perekonomian. Airlangga mengatakan banyak hal yang dibahas dalam momen makan bareng itu. "Kalau rapat pasti bahas PSN (proyek strategis nasional). Tapi kalau lagi makan segala macam bisa dibahas. Persoalannya kita tadi makan pecel, makan buntut, makan tahu yang tahu Sumedang," kata Airlangga kepada wartawan di kompleks Istana Kepresidenan.

Airlangga lalu bicara hubungannya dengan Ganjar yang sudah terjalin sejak lama. Selain itu, Airlangga juga kerap bertemu Ganjar saat melawat ke Jawa Tengah. "Tentu saya dengan Pak Ganjar kan kenal sejak kuliah. Sama-sama dari (Universitas) Gajah Mada jadi semua pembicaraan pasti terbahas dan kalau setiap kali saya ada acara tahunan di Jawa Tengah pasti ada Pak Ganjar," ujar Airlangga.


  • 18 Juli 2023
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 416 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya