Pendaftaran Kader PDI Perjuangan

Cok Ace Sebut Pemprov Bali Akan Temui Kemenkumham, Tindak Lanjut Bandara Jadi Pintu Masuk Jual Ginjal

  • 29 Juli 2023
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 387 Pengunjung

Denpasar – Wagub Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) katakan Gubernur Bali Wayan Koster bakal menemui Kepala Kantor Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Bali untuk menindaklanjuti Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali jadi pintu masuk jual ginjal ke Negara Kamboja.

Saat ditemui di pembukaan Pica Fest Bali, Kamis 27 Juli 2023 kemarin, Cok Ace mengatakan yakin kasus ini akan diusut tuntas oleh kepolisian.

“Itu kan di Jakarta dan saya baca di media itu memang hal dilarang. Kalau di sini kan penerbangannya tapi jelas pemerintah pusat sudah mengambil tindakan dan (pelaku) sudah ada beberapa diperiksa," jelas Cok Ace.

Sebagai tindak lanjutnya, Pemprov Bali juga akan mengagendakan pertemuan dengan Kemenkumham Bali.

"Iya nanti pasti Pak Gub (Gubernur Bali Wayan Koster) mengupayakan (pertemuan membahas Bandara Internasional  I Gusti Ngurah Rai menjadi pintu masuk-keluar bagi pendonor ginjal),  apalagi beliau bagian pada pintu (masuk-keluar Bali) pasti yang harus dipikirkan ke depan," imbuhnya.

Cok Ace juga percaya Kemenkumham Bali menindak petugas Imigrasi inisial AH yang terlibat dalam aksi sindikat internasional jual beli ginjal tersebut.

"Itu kan oknum ya dalam hal ini menyimpang tentu akan ditangani (imigrasi)," katanya.

Sebelumnya, Berkedok Konten ‘Dibutuhkan Donor Ginjal’, Pelaku Jual-Beli Ginjal Sindikat Internasional Ditangkap. Sebanyak dua belas (12) pelaku jual-beli ginjal berhasil ditangkap oleh tim gabungan dari Polda Metro Jaya dan Mabes Polri.

Belasan pelaku tersebut dihadirkan dalam rilis pers di Gedung Dirreskrimum Polda Metro Jaya pada Kamis 20 Juli 2023 kemarin.

Pada konferensi pers tersebut, terungkap sudah bagaimana siasat para pelaku menyasar calon korbannya. Salah satu tersangka kasus sindikat jual beli ginjal internasional, Hanim mengungkap siasat untuk menggaet korban atau orang-orang yang bersedia menjual ginjalnya. Hanim mengatakan, para korban berhasil didapat oleh broker dari sindikat tindak pidana perdagangan orang (TPPO) melalui media sosial.

"Setahu saya, broker saya itu cari lewat grup Facebook," kata Hanim kepada wartawan, Jumat 21 Juli 2023.

 

Artikel ini telah tayang di Tribun-Bali.com dengan judul Pemprov Bali Akan Temui Kemenkumham, Tindak Lanjut Bandara Jadi Pintu Masuk Jual Ginjal, https://bali.tribunnews.com/2023/07/28/pemprov-bali-akan-temui-kemenkumham-tindak-lanjut-bandara-jadi-pintu-masuk-jual-ginjal.


  • 29 Juli 2023
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 387 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya