Pendaftaran Kader PDI Perjuangan

Bupati Sanjaya Hadiri Sembahyang Bersama Parajuru Desa Adat Batungsel

  • 27 September 2023
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 414 Pengunjung

Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya, menghadiri undangan sembahyang bersama prajuru desa adat dalam rangka upacara ngenteg linggih di Pura Luhur Pucak Kedaton, serta karya agung saba gede di Pura Tri Kahyangan Desa Adat Batungsel. Persembahyangan bersama tersebut digelar di Pura Bale Agung Desa Adat Batungsel, Pupuan, Minggu (24/9/2023).

Bupati Sanjaya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh krama Batungsel sebagai salah satu pencapaian dalam bidang pelestarian tradisi, seni, adat, agama dan budaya yang ada. Dimana hal ini sangat selaras dengan visi Pemkab Tabanan, yaitu Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani, (AUM).

“Bahagia sekali perasaan titiang bisa hadir di tengah-tengah krama Batungsel. Luar biasa ngenteg linggih yang di-set up oleh krama di sini, apalagi dari dulu tiang sudah tahu, bahwa krama Batungsel memiliki tatanan budaya, perarem, awig-awig yang khusus dan tidak dimiliki Desa Adat kebanyakan di Kabupaten Tabanan. Sampai hari ini tetap dijaga dan tetap dilestarikan, ini patut mendapat apresiasi,” ujarnya.

Sanjaya juga menyampaikan sudah merupakan kewajiban seorang bupati hadir bersama jajaran untuk mendukung serta membantu pembangunan yang dilakukan krama. Hal ini juga dikatakannya sebagai bentuk perwujudan bakti terhadap krama atas sinergi yang telah ditunjukan dalam membangun Tabanan. Untuk itu, Sanjaya meminta agar kekompakan dan semangat gotong royong serta sinergi ini tetap dijaga untuk mewujudkan pembangunan ke depan.

Ketua Panitia Karya menyampaikan terima kasih atas apresiasi dan perhatian dari Bupati beserta jajaran dalam persembahyangan ini. Pihaknya juga menyampaikan kebanggaannya karena Bupati Tabanan dengan bersama jajaran, hadir memenuhi keinginan krama/masyarakat, nyaksiang karya yang dilakukan oleh pihaknya. Dimana kehadiran Bupati beserta jajaran juga dikatakannya menambah semangat dan motivasi masyarakat yang merupakan sejarah baru karya pihaknya dihadiri murdaning jagat.

“Tiang mewakili seluruh Desa Adat, Penglingsir dan juga masyarakat Batungsel, menyampaikan terimakasih yang setinggi-tingginya dan semoga Bupati beserta jajaran selalu diberikan kerahayuan serta selamat sentausa dalam menjalankan tugas,” ujarnya sekaligus pada kesempatan itu pihaknya menyampaikan uraian upacara/upakara dari pelaksanaan Karya yang dilaksanakan krama Batungsel kepada seluruh hadirin.

Turut hadir Ketua DPRD Kabupaten Tabanan dan salah satu anggotanya, Sekda, para asisten dan kepala OPD di lingkungan Pemkab Tabanan, kepala bagian di lingkungan Setda Kabupaten Tabanan, Camat dan unsur Forkopimcam Pupuan, Penglingsir Jero Subamia, Perbekel, Bendesa Adat serta Prajuru Adat, dan juga masyarakat setempat yang sangat antusias menyambut kegiatan.


  • 27 September 2023
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 414 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya