Pendaftaran Kader PDI Perjuangan

Wali Kota Jaya Negara Tinjau Lokasi Kebakaran yang Nyaris Berlangsung Semalaman

  • 27 Maret 2024
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 292 Pengunjung

Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana meninjau lokasi musibah kebakaran yang melanda sebuah gudang AC serta tiga rumah penduduk di kawasan Jalan Turi, Kelurahan Kesiman, Denpasar pada Minggu (24/3/2024).

Kedatangan Wali Kota Jaya Negara di lokasi amuk si jago merah yang nyaris berlangsung semalaman itu, dimaksudkan untuk memastikan optimalisasi penanganan, termasuk juga menyiapkan tempat tinggal sementara bagi masyarakat yang rumahnya menjadi korban.

Petugas pemadam kebakaran di tempat kejadian mengatakan, kobaran api cukup sulit diatasi, diduga karena adanya gas freon yang ikut terbakar di dalam bangunan yang adalah gudang AC itu. Akibatnya, upaya pemadaman yang dilakukan tergolong lama hingga menghabiskan lebih dari 100 tangki air.

Wali Kota Jaya Negara menyampaikan rasa prihatin atas musibah kebakaran ini. Di mana Wali Kota tampak berusaha memberikan semangat kepada para korban sembari berdiskusi terkait mekanisme pemberian bantuan perbaikan rumah.

“Kami atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Denpasar menyampaikan rasa prihatin atas musibah ini, Kami berharap pemilik bangunan gudang, rumah dan yang bertempat tinggal di lokasi musibah ini untuk tabah dan tetap semangat, dan kami sudah rancang untuk memberikan bantuan perbaikan rumah bagi masyarakat yang terdampak,” ujarnya.

Dikatakan Jaya Negara, pemberian bantuan ini tentunya tidak bisa dilaksanakan secara instan. Melainkan wajib melalui mekanisme dan tahapan sesuai dengan aturan yang berlaku. Termasuk salah satunya adalah asesment serta pernghitungan kerugian. Sehingga nantinya baru dapat ditetapkan sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

“Nanti kita bersihkan dulu, ada tim yang akan mengecek, dan kami berkomitmen untuk membantu masyarakat yang terkena musibah, dan biasanya juga akan ada CSR yang ikut membantu perlengkapan lainnya. Jadi ini kita bersama-sama sesuai dengan sepirit Vasudhaiva Khutumbakam,” ucapnya.

Sementara Kadis Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Denpasar, I Made Tirana mengatakan, kebakaran gudang AC tersebut terjadi pada Sabtu (23/3) malam sekitar pukul 23.30 Wita yang diduga akibat konsleting listrik. Di mana, berdasarkan laporan, seluruh personel dan armada Tim Damkar Kota Denpasar langsung meluncur ke TKP untuk melakukan pemadaman.

Akibat besarnya api, sebanyak 3 unit rumah ikut terdampak dalam musibah ini. Yang mana satu rumah terdampak runtuhan bangunan, dan dua lainnya terkena sambaran api. “Proses pemadaman dilaksanakan semalaman hingga keesokan harinya pukul 09.13 Wita, dan kini masih dalam proses pendinginan,” ucapnya.

Nantinya setelah seluruh bara api berhasil dipadamkan, lanjut Tirana, tim teknis akan diterjunkan untuk melaksanakan assesment atau pendataan di lokasi kejadian.


  • 27 Maret 2024
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 292 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya