Pendaftaran Kader PDI Perjuangan

Wawali Arya Wibawa Hadiri Karya Melaspas Kori Agung dan Candi Bentar Pura Puseh Desa Adat Pedungan

  • 24 April 2024
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 284 Pengunjung

Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, menghadiri Karya Melaspas Kori Agung dan Candi Bentar Pura Puseh Desa Adat Pedungan, yang diselenggarakan bertepatan dengan Rahina Purnama Jyesta pada Selasa 23 April 2024.

“Upacara tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan setelah selesai proses renovasi,” kata Arya Wibawa. Setelah melakukan ngaturang punia, Wawali Arya Wibawa menyatakan bahwa pelaksanaan upacara keagamaan di Pura Puseh Desa Adat Pedungan merupakan langkah penting untuk meningkatkan sradha bhakti umat Hindu kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa. Dia menambahkan, di dalam komunitas masyarakat seperti banjar dan desa adat, perlu diapresiasi upaya membangun kesadaran keagamaan melalui upacara-upacara tradisional.

Pemkot Denpasar, dalam pelaksanaannya, menjunjung tinggi fungsi pemberdayaan yang tak terpisahkan dari sektor keagamaan. Wawali juga mengapresiasi kemandirian masyarakat dalam memunculkan kesadaran tersebut, sehingga manfaat dari penyelenggaraan upacara keagamaan dapat dirasakan secara nyata.

Selain itu, Wawali berharap bahwa setelah pelaksanaan Upacara Melaspas Kori Agung dan Candi Bentar Pura Puseh Desa Adat Pedungan, seluruh umat Hindu, terutama penyungsung dan pengempon, dapat terus meningkatkan rasa persaudaraan dan persatuan antara sesama umat.

Sementara itu, Manggala Karya Anak Agung Made Gede Sukadana menjelaskan bahwa pelaksanaan Upacara Melaspas Kori Agung dan Candi Bentar Pura Puseh Desa Adat Pedungan dilakukan sebagai tindak lanjut pemugaran tembok penyengker pura yang baru saja selesai direnovasi.

“Renovasi ini berlangsung selama 6 bulan dengan total biaya sekitar Rp. 950 juta, yang diperoleh dari Bantuan Pemkot Denpasar dan LPD Desa Adat Pedungan yang diempon oleh 13 Banjar yang ada di Desa Adat Pedungan,” ucap Sukadana.

Sukadana juga menyampaikan rasa terima kasih atas kehadiran Wakil Walikota I Kadek Agus Arya Wibawa, yang ikut serta dalam prosesi mendem pedagingan dan memberikan punia. Dia berharap upacara ini dapat mengubah pola pikir masyarakat untuk menjaga kebersihan dan keindahan tempat-tempat suci secara lebih baik di masa depan.


  • 24 April 2024
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 284 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya