Pendaftaran Kader PDI Perjuangan

Ganjar Pilih Jadi Oposisi Prabowo-Gibran, PDI Perjuangan Putuskan Sikap saat Rakernas

  • 10 Mei 2024
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 395 Pengunjung

Mantan calon presiden Ganjar Pranowo mantap memilih jadi oposisi di luar pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Sementara PDI Perjuangan akan gelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas), memutuskan sikap berada di luar atau dalam pemerintah.

"Pak Hasto (Sekjen PDI Perjuangan) menyampaikan bahwa ini in line dengan sikap dengan suasana perdamaian partai, tapi partai tentu akan memutuskan pada saat rakernas nanti," kata Ganjar usai halalbihalal Barikade 98 di Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (7/5/2024).

Ganjar mengatakan tidak masuknya dalam kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran merupakan penghormatan kepada pemenang Pilpres 2024.

"Saya menyampaikan kemarin di acara halalbihalal TPN bahwa saya menyampaikan, saya tidak akan berada di pemerintahan ini sebagai sebuah penghormatan saya kepada pemenang dan memunculkan sikap kepada publik ini (saya) tidak di pemerintahan," ujar Ganjar yang diusung PDI Perjuangan di Pilpres 2024.

Sementara Sekertaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto juga senada dengan Ganjar soal sikap partainya yang akan menunggu keputusan dalam rakernas, apakah akan masuk pemerintahan atau berdiri sebagai opisisi.

"Untuk PDIP Apakah berada di luar atau di dalam pemerintahan itu akan dibahas di dalam rapat kerja nasional tapi konstitusi partai menegaskan bahwa itu adalah kewenangan dari ketua umum PDIP," ucap Hasto.

"Yang dimaksudkan oleh Pak Ganjar bahwa beliau tidak akan menjadi salah satu menteri dalam jajaran pemerintahan yang akan datang tentu saja sikap itu kita hormati dan PDI Perjuangan sangat konsisten di dalam membangun demokrasi yang berkedaulatan rakyat," tambah Hasto.


  • 10 Mei 2024
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 395 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya