Pendaftaran Kader PDI Perjuangan

Buka Rakercab Pramuka 2024, Bupati Gede Dana Tekankan Penguasaan Teknologi Bagi Generasi Muda

  • 10 Juli 2024
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 280 Pengunjung

Bupati Karangasem I Gede Dana membuka rapat kerja cabang (Rakercab) Pramuka tahun 2024 di SMPN 5 Amlapura, Kamis (4/7/2024).

Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali, I Made Rentin, dalam sambutannya menyampaikan, Rakercab adalah agenda tahunan yang penting untuk pengendalian operasional organisasi, serta sebagai media komunikasi antara kwartir cabang dengan kwartir ranting dan satuan karya.

Rakercab 2024 mengusung tiga agenda utama: Penyampaian Laporan Program Kerja 2024, Penyusunan Program Kerja 2024, dan Penyusunan Rancangan Kegiatan 2025. Semua program kerja harus disesuaikan dengan program kerja Kwartir Nasional dan Kwartir Daerah Bali yang telah ditetapkan pada Rakernas dan Rakerda sebelumnya.

Bupati Karangasem, I Gede Dana, dalam kapasitasnya sebagai Kamabicab, menegaskan pentingnya Rakercab sebagai forum evaluasi dan perencanaan program kerja yang harus dijalankan dengan penuh tanggung jawab. “Generasi muda harus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memiliki karakter yang kuat,” ujarnya.

Bupati kader PDI Perjuangan ini berharap, Rakercab menjadi momentum untuk meningkatkan inovasi dan pemberdayaan Kwartir Cabang yang sistematis, terencana, dan berkelanjutan.  Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Karangasem, Ida Bagus Putu Suastika, menyampaikan laporan kegiatan Kwarcab Karangasem selama tahun 2023.

Beberapa prestasi yang diraih termasuk Juara Regu Berprestasi Tinggi di tingkat IV Kwarda Bali, Juara 2 Nasional oleh Regu Dahlia dari SMPN 2 Kubu, dan Juara Umum dalam Bali Scout Creativity dua tahun berturut-turut.

Selain itu, Kwarcab Karangasem juga berpartisipasi dalam Raimuna Nasional XII dan Karang Pamitran Nasional di Cibubur, serta PERTIKAWAN Tingkat Bali Nusra di Jembrana. Kwarcab Karangasem juga menyelenggarakan berbagai kegiatan kepramukaan di tingkat nasional dan daerah, termasuk kursus pelatih dasar tingkat nasional dan peringatan Hari Pramuka Kwarda Bali. Berbagai kegiatan untuk menggiatkan kepramukaan di semua golongan juga dilaksanakan, seperti pesta siaga, gladian pimpinan regu, dan Karangasem scout competition.


  • 10 Juli 2024
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 280 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya