Pendaftaran Kader PDI Perjuangan

Buka Festival Layangan, Visi Misi Gubernur Koster Ikut Mengudara

  • 02 Agustus 2022
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 592 Pengunjung

Denpasar – Gubernur Bali, Wayan Koster membuka Festival Layang-Layangan Bali 2022 di Pantai Mertasari, Sanur, Denpasar, Minggu (31/7/2022).

Dalam Festival dua hari (30 – 31 Juli 2022) yang diselenggarakan oleh Komunitas Seni Layangan Bali ini, Wayan Koster turut menarik layangan yang berisikan tulisan visi misinya.

Selain peserta lokal, Festival Layang – Layangan Bali juga menjadi daya tarik wisatawan asing.  Bertema ‘Kerthining Gesing’, yaitu Menjaga Keseimbangan Bambu, festival memperebutkan Piala Gubernur Bali ini diikuti 1.245 peserta.

“Apresiasi kepada Komunitas Seni Layangan Bali yang telah melaksanakan Festival Layang – Layangan dengan sangat baik, meriah, dan didukung oleh faktor cuaca (angin). Sehingga kegiatan ini terlaksana dengan penuh semangat di dalam melestarikan tradisi warisan leluhur kita di Pulau Dewata,” jelasnya.

Gubernur Koster juga menyampaikan festival ini bentuk ekspresi generasi muda di Pulau Bali dalam membuat hasil karya seni dan kerajinan yang didesain berbentuk layang – layang. Karena itulah, layang – layangan merupakan bagian dari suatu karya seni yang menjadi warisan leluhur kita di Bali dari zaman dahulu.

“Ketika panitia festival beraudiensi, saya tidak panjang kata langsung menyatakan nada dukungan dan setuju. Sekaligus juga saya berkontribusi untuk meringankan beban panitia dengan mencari bantuan senilai Rp 250 juta yang bersumber dari CSR (Corporate Social Responsibility),” ujar Gubernur Bali jebolan ITB ini.

Adanya aspirasi terkait semakin menyempitnya lahan untuk berkegiatan layang – layang, Gubernur Bali sekaligus Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali ini, dengan tegas menyatakan bahwa sedang menyiapkan lokasi baru untuk aktivitas layang – layang. Yaitu di kawasan Pusat Kebudayaan Bali seluas 2 hektare.

“Kawasan ini sedang ditata secara rapi yang nantinya siap digunakan untuk melaksanakan Festival Lomba Layang – Layang. Pemprov Bali siap memfasilitasinya sebagai bentuk apresiasi atas spirit anak – anak muda dalam menjaga, membangkitkan, memelihara tradisi, seni budaya, dan kearifan lokal Bali,” ujar mantan Anggota DPR RI 3 Periode dari Fraksi PDI Perjuangan ini.

Wayan Koster menyatakan rasa syukurnya, karena Bali paling tinggi peminatnya di Indonesia untuk melaksanakan kegiatan layang – layang. “Untuk itu, kedepan saya akan mematangkan, tingkatkan kualitasnya menjadi event yang menarik masyarakat Indonesia dan dunia,” tegasnya.

Sementara Ketua Festival Layang – Layangan Bali Tahun 2022, Putu Chris Budhi Setyawan menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Gubernur Bali, Wayan Koster yang telah memfasilitasi Festival Layang – Layangan Bali Tahun 2022 dalam rangka menjaga kelestarian Budaya Bali.

“Antusiasme peserta yang mengikuti lomba ini sangat banyak, tercatat di hari pertama ada 468 peserta yang sudah bertanding, dan hari kedua sebanyak 777 lebih peserta ikut berlomba, selain juga dimeriahkan oleh lomba pindekan yang diikuti 67 peserta,” tutupnya.

 

 


  • 02 Agustus 2022
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 592 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya