Pendaftaran Kader PDI Perjuangan

Menteri PPPA Minta Dishub DKI Blacklist Pelaku Pelecehan Seksual di Transportasi Umum

  • 18 April 2023
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 308 Pengunjung

Jakarta - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati meminta Dinas Perhubungan DKI Jakarta untuk meniru langkah PT KAI untuk mem-blacklist pelaku pelecehan seksual di terminal-terminal maupun halte untuk transportasi umum di Jakarta.

"Di Stasiun Senen dari PT KAI itu ada ketika pelaku kekerasan seksual, yang lakukan kekerasan dan sebagainya itu sudah langsung di-blacklist," ujar Bintang kepada wartawan usai meninjau Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Minggu (16/4/2023).

Pasalnya, ia mengatakan bahwa saat ini PT KAI menggunakan NIK penumpang sebelum masuk ke dalam kereta api. Dengan begitu, penumpang yang melakukan pelecehan seksual dapat langsung ditindaklanjuti.

"Ini tadi pak kadis sudah menyampaikan ini dalam proses. Mudah-mudahan di semua moda transportasi itu bisa melindungi perempuan dan anak dan memberikan efek jera kepada pelaku," tegasnya.

"Mudah-mudahan tidak perlu lama-lama itu bisa diwujudkan di moda transportasi bus-bus baik antar kota maupun antar provinsi yang seperti sudah dilakukan di PT KAI," tandas Bintang.

Sebelumnya, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati memberikan catatan kepada pengelola Terminal Terpadu Bantar Gebang, Jakarta Timur. Hal itu sehubungan dengan sarana-prasarana agar penumpang perempuan dan anak lebih merasa nyaman menggunakan transportasi publik.

"Tadi sudah disepakati juga oleh pak kadis di ruang laktasi. Itu sebenarnya sudah bagus, tapi perlu dilengkapi dengan pumping. Demikian juga tentunya melakukan pumping di sana tentu harus ada kulkas dan sebagainya," ujar Bintang kepada wartawan, Minggu (16/4/2023).

Dalam kunjungan tersebut, Bintang didampingi Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo memang cukup lama berkeliling di Terminal Bantar Gebang. Ia terlihat menyapa para penumpang hingga memasuki ruang laktasi.

Selain itu, Bintang juga mengunjungi tempat bermain anak yang sudah disiapkan di terminal tersebut. Kemudian, ia juga mengunjungi layanan pos SAPA yang sudah disediakan untuk pelaporan kekerasan seksual terhadap perempuan maupun anak.


  • 18 April 2023
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 308 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya