Pendaftaran Kader PDI Perjuangan

Gubernur Koster Ditugasi Ibu Megawati Susun Konsep Pembangunan Bali 100 Tahun ke Depan

  • 04 Mei 2023
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 369 Pengunjung

Mangupura - Gubernur Bali I Wayan Koster mengaku mendapatkan tugas dari Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri untuk menyusun konsep pembangunan Bali pada 100 tahun ke depan.

Hal itu yang mendasarinya mengadakan Seminar bertajuk "Haluan Pembangunan Bali Masa Depan 100 Tahun Bali Era Baru" Jumat (5/5/2023) di Badung, Bali.

"Ini adalah merupakan arahan dari Ibu Megawati Soekarnoputri yang menugaskan saya untuk menyusun konsep Bali 100 tahun ke depan. Ditugaskan kepada saya kira-kira Januari, tugas yang diberikan cukup menantang," kata Koster ditemui di kawasan Badung, Bali, Kamis (4/5/2023) malam.

Koster mengaku penugasan tersebut merupakan tantangan berat. Namun, ia memetakan ada tiga arus utama dalam pembangunan Bali, yaitu senantiasa berlandaskan pada alam, manusia, dan kebudayaan.

Sejalan dengan tiga aspek tersebut, Koster juga menekankan pentingnya menarik isu itu pada tri semaya, yaitu atita (masa lalu), wartamana (masa kini), dan nagata (masa depan).

"Saya harus betul-betul memeras pikiran otak, berdiskusi dengan didampingi para pakar, para kerohanian juga, untuk menggali dan mendeskripsikan apa yang diarahkan oleh Ibu Mega,” ujarnya.

Politisi PDI Perjuangan ini menyatakan acara siap untuk dilaksanakan. Hal itu disampaikan usai meninjau lokasi acara di sebuah hotel di kawasan Badung.

Koster mengatakan, dirinya juga bakal melaporkan konsep pembangunan Bali 100 tahun ke depan kepada Megawati dan hadirin peserta seminar.

Di sisi lain, ia mengungkapkan salah satu materi pembahasan seminar berbicara soal keresahan masyarakat akan tingkah laku buruk sejumlah wisatawan mancanegara (wisman) selama berada di Bali.

Diakui Koster, masyarakat Bali marah melihat tingkah laku turis-turis asing itu.

"Pada marah. Loh kok gini? Maka saya sudah bertindak tegas, kalau ada yang melanggar, sudah deportasi saja langsung, enggak pakai cerita panjang," tegas dia.

Perlu diketahui, acara ini bakal dihadiri langsung oleh Megawati yang juga menjadi pembicara kunci.

Selain Megawati, seminar bakal dihadiri Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa dan jajaran di institusi tersebut.

Selain itu, juga akan dihadiri Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko, Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi, Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo.

Koster juga menyampaikan ada perwakilan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu), akademisi, praktisi, tokoh-tokoh masyarakat, rektor, sejarawan, antropologi, sosiologi, psikologi, ekonom, ahli pertanian, dan berbagai pakar lainnya.

“Total yang hadir kira-kira 240 orang. Untuk memberi masukan mengenai materi atau konsep Haluan Bali Masa Depan 100 Tahun Bali Era Baru,” kata Koster.


  • 04 Mei 2023
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 369 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya