Pendaftaran Kader PDI Perjuangan

Made Urip Ingatkan Pemerintah Amankan Stok Pangan Jelang Iduladha

  • 23 Juni 2023
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 400 Pengunjung

Jakarta – Anggota Komisi IV DPR RI I Made Urip mengingatkan pemerintah untuk mengamankan stok pangan nasional menjelang hari raya Iduladha 1444 Hijriyah atau 2023 Masehi.

“Stok pengan nasional harus aman, apalagi ini menjelang hari raya Iduladha. Pemerintah harus waspada. Tingkatkan koordinasi antar-lembaga,” kata I Made Urip di Jakarta, Selasa (20/6/2023).

Made Urip yang juga Ketua DPP PDI Perjuangan ini diminta komentar soal iklim yang tak menentu menjelang hari raya Iduladha yang tinggal 7-8 hari lagi di satu sisi, dan di sisi lain Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo sedang berurusan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Syahrul, yang juga politikus Partai Nasdem, Senin (19/6/2023) kemarin memenuhi panggilan KPK untuk diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian.

Ada dua kementerian yang menurut Made Urip sangat urgen dalam menjaga stok pangan nasional, yakni Kementerian Pertanian untuk urusan produksi dan distribusi pangan, dan Kementerian Perdagangan untuk urusan ketersediaan stok pangan di pasaran. “Nah, dua kementerian ini harus waspada dan meningkatkan koordinasinya,” pinta Made Urip.

Untuk ketidakpastian iklim, Made Urip yakin Kementan sudah melakukan antisipasi terhadap produksi bahan pangan seperti padi (beras), gula, garam dan sebagainya. “Karena sudah diantisipasi, maka mudah-mudahan stok pangan cukup aman menjelang Iduladha,” harap Made.

Begitu pun, lanjut Made, distrubusi bahan pangan juga sudah diantisipasi dengan baik oleh Kementerian Perdagangan, sehingga meskipun cuaca di Tanah Air tidak menentu, distribusi bahan makanan mudah-mudahan juga aman, termasuk gandum yang berasal dari impor. “Kementerian Perdagangan jangan lengah,” sarannya.

Jika menjelang Iduladha ini stok bahan pangan di pasaran tidak aman, kata Made, maka akan menimbulkan gejolak di masyarakat, yakni terjadi “panic buying”, sehingga harga pangan pun akan melonjak. “Semua harus diantisipasi, jangan sampai terjadi lonjakan harga gara-gara tipisnya stok bahan makanan di pasaran,” tegasnya.

Ihwal pemeriksaan Mentan Syahrul Yasin Limpo, Made Urip yakin kinerja Kementan tak akan terganggu, karena semua sudah berjalan secara sistematis. Termasuk soal stok pangan nasional, Made Urip yakin tidak akan terganggu hanya gara-gara Mentan Syahrul Yasin Limpo diperiksa KPK. “Manajemen pemerintahan ini sudah canggih, Bung. Jadi meskipun ada menteri yang diperiksa KPK, kinerja kementeriannya tidak akan terganggu,” tandasnya.


  • 23 Juni 2023
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 400 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya