Pendaftaran Kader PDI Perjuangan

Peduli Seni, Ganjar Kunjungi Art Jog dan Puji Karya Seniman Bali

  • 10 Juli 2023
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 522 Pengunjung

Bakal calon presiden PDI Perjuangan Ganjar Pranowo berkunjung ke Art Jog di Museum Nasional Yogyakarta. Berjam-jam dihabiskan Ganjar untuk menikmati karya dari para seniman tanah air yang dipamerkan di sana.

"Luar biasa. Karya-karyanya bagus banget," ucap Ganjar saat melihat seni instalasi dari I Made Djirna, seniman asal Bali yang memamerkan koleksi seni instalasi dari batu-batuan, Minggu (9/7/2023).

Ganjar tampak beberapa kali mengambil handphone untuk mengabadikan karya seni yang unik-unik itu. Ia juga kerap bertanya, tentang maksud dari karya seni yang ada di depannya. Gubernur Jawa Tengah itu pun mengagumi karya-karya yang ditampilkan para seniman.

Salah satunya, karya-karya Goenawan Mohammad yang berjudul Kitab Hantu. Ada juga karya-karya Mella Jaarsma, Novi Kristinawati, Ugi Untoro, Dicky Takndare, Kustiyah, Fawlerie dan puluhan seniman top Tanah Air. Semuanya dinikmati Ganjar satu persatu, didampingi panitia yang menjelaskan detil dan maksud seni yang ditampilkan. "Saya senang sekali tadi diantarkan panitia dan menjelaskan satu per satu dari sudut-sudut yang ada. Karya-karya yang ditampilkan sangat luar biasa, ada banyak cerita-cerita yang disajikan," kata Ganjar.

Dari pameran itu, Ganjar mengatakan bahwa banyak sekali karya seni di Indonesia. Menurutnya, jika itu ditampung di museum, tentu museum tidak bisa mencukupi. "Artinya fasilitas infrastruktur seni nampaknya memang dibutuhkan untuk kawan-kawan seniman itu bisa menampilkan karya-karya yang luar biasa. Seperti event Art Jog ini," katanya.

Ganjar juga kagum bahwa Art Jog menjadi event yang betul-betul ditunggu masyarakat, baik seniman maupun pecinta seni. Terbukti lanjut dia, kurang lebih dua ribuan orang berkunjung ke acara itu. "Itu jumlah yang tidak kecil. Artinya mungkin mereka penikmat, mereka seniman, mungkin hanya sekadar menonton ternyata tersedot oleh pameran yang ada di Art Jog ini. Kalau banyak tempat atau pameran semacam ini, rasanya seniman kita akan tampil dan mereka akan bisa menunjukkan karya-karya hebatnya," pungkas Ganjar


  • 10 Juli 2023
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 522 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya