Pendaftaran Kader PDI Perjuangan

Perbaiki Jalan, Ganjar Mudahkan Akses Masyarakat Pengguna Jalan Jumo-Muntung dan Tingkatkan Aktivitas Petani

  • 28 Juli 2023
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 435 Pengunjung

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, meninjau langsung perbaikan ruas jalan Jumo-Muntung yang sering dikeluhkan warga akibat rusak dan berlubang.

"Alhamdulillah bantuan keuangan kita ke Kabupaten Temanggung berjalan, kira-kira Rp5 miliar, pelaksanaannya sekitar Rp4,8 miliar dan hasilnya bagus, mulus," ujar Ganjar usai peninjauan, Kamis (27/7/2023). Ruas jalan yang berada di Desa Morobongo, Kecamatan Jumo, Kabupaten Temanggung itu mendapat bantuan keuangan dari perjuangan Pemprov Jawa Tengah Tahun Anggaran 2022 senilai Rp5 miliar dengan nilai pelaksanaan Rp4,8 miliar.

Ruas jalan sepanjang 5,8 kilometer itu juga menjadi jalan yang kerap dilalui para pemudik yang melintasi Temanggung. Selain bermanfaat untuk pengguna jalan, perbaikan jalan dari Ganjar tersebut juga semakin memudahkan akses petani. Sebab, sisi kiri dan kanan jalan tersebut adalah area persawahan yang masuk lahan subur.

"Kalau ini jalannya bagus, kiri kanannya pertanian, maka juga akan mendapatkan fasilitas atau akses yang lancar," kata Ganjar sambil tersenyum. Untuk menjaga kualitas jalan, Ganjar juga mengingatkan kepada para supir kendaraan kapasitas besar dan kendaraan berat untuk tidak melanggar over dimension dan over load (ODOL).

Pasalnya, jalan rusak kerap kali diakibatkan banyaknya kendaraat berat yang melakukan ODOL, sehingga fondasi jalan menjadi cepat rusak. "Setelah jalan ini bagus, truknya yang besar lewat sini. Ini sepertinya memang harus ada operasi penegakan hukum di sini dan mereka rata-rata over tonase," ucap Ganjar. "Kalau kapasitas 5-6 ton masih oke, tapi kalau melebihi ya mblesek (rusak) lagi. Yang mblesek ini akan diperbaiki dan memastikan jalannya bagus," lanjut Ganjar.


  • 28 Juli 2023
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 435 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya