Pendaftaran Kader PDI Perjuangan

Buka Kongres Nasional Perdosni, Ganjar Dukung Peningkatan Keilmuan dan Pelayanan Dunia Kedokteran

  • 05 Agustus 2023
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 558 Pengunjung

Semarang – Untuk menghadapi tantangan kesehatan di masa depan, ilmu kedokteran dan pelayanan kesehatan harus ditingkatkan. Khususnya dalam menghadapi triple burden disease, yakni penyakit menular, penyakit tidak menular, dan munculnya penyakit baru.

Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat membuka Kongres Nasional Perhimpunan Dokter Spesialis Neurologi Indonesia (Perdosni) di Padma Hotel, Semarang, Jumat (4/8/2023).

“Sekarang dunia kesehatan ada triple burden disease ya yang mesti dibereskan. Penyakit menular, tidak menular, dan penyakit baru. Maka kalau hari ini banyak dari dunia kedokteran selalu upgrade ilmunya, dan kemudian selalu memperbaiki fasilitas pelayanannya, maka dunia kedokteran akan tumbuh,” kata Ganjar.

Dia mencontohkan kemunculan penyakit baru, yaitu Covid-19, yang telah melumpuhkan aktivitas dunia kurang lebih dua tahun. Di sinilah update keilmuan dokter menjadi kunci, bagaimana penyakit ini bisa diatasi, juga bagaimana kesadaran masyarakat dalam mempraktikkan gaya hidup sehat.

Ganjar mengatakan, peningkatan keilmuan itu juga harus dilakukan oleh dokter spesialis saraf atau neurologi yang tergabung dalam Perdosni. Para dokter spesialis sistem saraf ini, juga harus terus mengembangkan diri dengan meningkatkan keilmuannya sehingga dapat memberikan penanganan terbaik.

“Para dokter yang ahli dan hebat-hebat ini sekarang meng-upgrade ilmunya, meng-update ilmunya, sehingga bagaimana bisa menyelamatkan lebih baik. Kalaulah kemudian itu bisa dilakukan, beberapa penyakit seperti stroke yang menjadi faktor angka kematian tertinggi, bisa ditangani dengan baik,” bebernya.

Dari sisi pelayanan, terang gubernur, ilmu baru, tenaga baru yang handal, dan teknologi pasti dibutuhkan. Maka dari itu, capacity building sumber daya manusia dan penggunaan teknologi, perlu dilakukan. Apalagi, melihat geografis Indonesia yang sangat luas, sehingga dibutuhkan pelayanan maksimal untuk masyarakat.

“Dunia kedokteran dengan teknologi hebat, banyak yang selamat. Pelayanan yang diberikan kepada masyarakat dibutuhkan fasilitas yang cukup, rasio layanan dengan Indonesia yang gedenya minta ampun dan peralatan-peralatan yang mesti canggih, sehingga kemudian pelayanan tercanggih bisa diberikan kepada rakyat,” katanya.

Begitu juga dengan persebaran dokter dan fasilitas kedokteran, yang juga harus merata. Ganjar mengatakan sejauh ini persebaran dokter di Indonesia memang belum cukup. Dokter spesialis juga masih kurang, sehingga perlu dilakukan akselerasi.

“(Untuk persebaran dokter) pasti kurang jawabannya,” ujarnya.

Ketua Perdosni, Dodik Tugasworo, mengatakan ada 2.361 neurolog yang tergabung dalam Perdosni. Mereka tersebar di 29 cabang Perdosni di seluruh Indonesia. Sementara, untuk pusat pendidikan neurologi saat ini masih sekitar 14 lokasi, dan seiring berjalannya waktu akan bertambah tiga tempat baru.

“Kita tahu bagaimana pentingnya neurolog ke depan. Usia lanjut semakin meningkat. Berdasarkan data yang ada, stroke menduduki angka tertinggi kematian di Indonesia. Belum lagi adanya penurunan produktivitas seiring bertambahnya usia,” katanya.


  • 05 Agustus 2023
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 558 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya