Pendaftaran Kader PDI Perjuangan

Bupati Giri Prasta Serahkan BKK Rp2,4 Miliar untuk Karya Pura Dang Kahyangan Puseh Katyagan

  • 16 Maret 2024
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 316 Pengunjung

Bupati Badung Nyoman Giri Prasta menyerahkan dana bantuan keuangan khusus (BKK) Badung sebesar Rp2,4 miliar untuk Karya Mamungkah Ngenteg Linggih Pedudusan Agung Pura Dang Kahyangan Puseh Katyagan, Kamasan Kabupaten Klungkung, Jumat (15/3/2024).

Pada kesempatan tersebut, Bupati Giri Prasta secara pribadi menyerahkan punia sebesar Rp30 juta.  Baca Juga Bupati Badung Hadiri Perayaan HUT ke-41 ST Tri Eka Dharma Shanti Br Tangkeban Cemagi Turut hadir Kapolda Bali Irjen Pol Ida Bagus Kade Putra Narendra, Dharmopadesa Pusat Marsekal TNI (Purn.) Ida Bagus Putu Dunia, IB. Rai Dharmawijaya Mantra, Nyoman Suwirta, Pj Bupati Klungkung, Kepala BPKAD Badung beserta undangan lainnya. 

Bupati Badung Nyoman Giri Prasta menyatakan, sebagai seorang kepala daerah dirinya memegang teguh konsep kepemimpinan berlandaskan Pancasila yang dipadukan dan diselaraskan dengan ajaran-ajaran kearifan lokal, salah satunya adalah konsep Tri Hita Karana (Tiga Penyebab Kebahagiaan). Dalam agama Hindu, konsep Tri Hita Karana akan mampu menjadi pedoman dalam memperkuat sendi kepemimpinan Pancasila.

"Konsep Tri Hita Karana yang terdiri dari Parhyangan, Pawongan dan Palemahan, telah saya implementasikan dalam memimpin Kabupaten Badung," kata Bupati Giri Prasta.  Lanjutnya, di bidang Parahyangan, dia memberikan bantuan pembangunan pura dan dana aci kepada masyarakat. Kemudian, di bidang Pawongan, pendidikan, kesehatan, dan PBB digratiskan. Terakhir, di bidang Palemahan, Kabupaten Badung menjalankan program gerakan Badung serentak dalam membersihkan lingkungan. 

"Inilah yang saya lakukan untuk menciptakan hubungan yang harmonis antara sang pencipta manusia dan lingkungan, sehingga mampu memberikan umpan balik yang positif dan berguna bagi masyarakat,” ujar Bupati Giri Prasta. Ia menambahkan, dirinya bersama jajaran Pemkab Badung sangat komit menjaga kelestarian adat, tradisi, seni, dan budaya berbasis Hindu Dresta Bali. Tidak tanggung-tanggung, Pemkab Badung juga disebutkan telah banyak membantu pembangunan pura yang ada di luar daerah baik itu yang ada di pulau Jawa, Sumatra hingga ke Papua. “Terkait rencana pengempon Pura Dang Kahyangan Puseh Katyagan ini, ingin melakukan pelebaran areal pura, saya Giri Prasta bersama Pemkab Badung siap untuk itu,” tutur Giri Prasta.


  • 16 Maret 2024
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 316 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya