Pendaftaran Kader PDI Perjuangan

Dorong Pelestarian Seni Budaya Anak Muda, Walikota Jaya Negara Buka Festival Beraban 2024

  • 15 April 2024
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 360 Pengunjung

Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, dengan sukacita resmi membuka Festival Beraban tahun 2024 yang bertema “Saguna Prawerthi”.

Acara yang diadakan di sepanjang Jalan Nusakambangan, Banjar Beraban, Desa Dauh Puri Kauh pada Sabtu 13 April 2024 ini bertabur dengan sejumlah acara seni yang memukau. Dalam sambutannya, Jaya Negara menyatakan harapannya bahwa kegiatan ini akan menjadi tonggak penting dalam pelestarian seni dan budaya di kalangan generasi muda Kota Denpasar.

Turut hadir dalam acara pembukaan ini adalah Anggota DPR RI, I Gusti Agung Rai Wirajaya, pemilik Krisna Oleh Oleh, Gusti Ngurah Anom atau Ajik Krisna, Senator DPD RI Terpilih Periode 2024-2029 Arya Wedakarna, serta Kepala Dinas Kebudayaan Kota Denpasar, Raka Purwantara. Keberadaan mereka menjadi bukti dukungan penuh terhadap kegiatan kreatifitas anak muda yang diwujudkan dalam Festival Beraban.

Jaya Negara menegaskan bahwa Pemkot Denpasar sangat mendukung ajang kreatifitas anak muda seperti festival ini. “Pemkot Denpasar sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas kreatifitas anak-anak muda Banjar Beraban dalam menyelenggarakan Festival Beraban Tahun 2024 ini. Hal ini tentu merupakan langkah pelestarian budaya yang terus harus didukung,” ujarnya.

Ketua Panitia Festival Beraban, Yoga Diputra, menjelaskan bahwa kegiatan ini dikelola oleh Sekaa Truna (ST) Dharmaputra dengan partisipasi artis ternama Bali seperti Bagus Wirata dan Lintang Band yang turut memeriahkan festival ini.

Menurut Yoga, Festival Beraban bukan hanya sekadar acara hiburan, namun juga menjadi wahana untuk menyatukan pemuda dan krama banjar serta memberikan dampak positif bagi para pemuda Banjar Beraban dan Kota Denpasar secara umum.

Puncak Festival Beraban berlangsung pada tanggal 13 dan 14 April 2024, dengan beragam kegiatan dan perlombaan seperti lomba ogoh-ogoh, pertandingan tenis meja, lomba gayor mini, kontes layangan, dan Lomba Baleganjur Bebarongan.

Yoga menyoroti khususnya pelaksanaan Lomba Ogoh-Ogoh Mini di mana seluruh peserta akan berlomba untuk memperebutkan piala bergilir Walikota Denpasar sebagai bentuk pengakuan atas semangat dan kreativitas mereka dalam menjaga warisan budaya Bali.

“Kami berharap semangat penyelenggaraan festival ini nantinya akan dapat menular pada rekan-rekan ST banjar lainnya. Sehingga, upaya pelestarian seni budaya dan kreatifitas anak-anak muda tetap terjaga,” tutupnya.

Festival Beraban tahun ini tidak hanya menjadi perayaan seni dan budaya Bali, tetapi juga menjadi bukti nyata komitmen Kota Denpasar dalam melestarikan warisan budaya yang kaya dan berharga bagi generasi mendatang.


  • 15 April 2024
  • Oleh: PDI Perjuangan Bali
  • Dibaca: 360 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya